--> Skip to main content

KKS Bansos Hilang Atau Rusak, Begini Cara Mengurusnya

KKS Bansos Hilang Atau Rusak, Begini Cara Mengurusnya  – Anda mengalami kartu KKS bansos anda hilang, atau rusak karena sesuatu hal ? Tidak perlu bingung atau gusar. Anda dapat mengurus kembali hal tersebut.

Pemiliki kartu KKS bansos, selain pendidikan yang rendah dan kesulitan untuk mengakses informasi tentang bagaimana cara mengurus KKS bansos (bantuan) yang hilang atau rusak menjadi salah satu kendala untuk mengganti KKS bantuan tersebut.

Minimnya informasi yang dapat diakses ketika ingin mencari apa saja syarat yang dibutuhkan serta cara untuk mengurus KKS bansos yang hilang atau rusak untuk mendapat penggantian dari bank penerbit saat ini dapat anda pelajari pada penjelasan dibawah ini.


KKS Bansos Hilang Atau Rusak, Begini Cara Mengurusnya
KKS Bansos Hilang Atau Rusak, Begini Cara Mengurusnya

KKS Bansos Hilang Atau Rusak, Begini Cara Mengurusnya

Jika anda mengalami kejadian KKS bansos hilang atau rusak, baiknya anda membaca dan memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

Dokumen untuk mengurus KKS bantuan sosial yang hilang atau rusak :

1. KTP asli,

2. KK (Kartu Keluarga) asli,

3. Nomer Rekening (bagi KKS yang hilang atau rusak)*

4. Nomer Kartu ATM (bagi KKS yang hilang)*

NB: *Jika tidak memiliki berkas / dokumen nomer rekening ataupun nomer kartu, dapat meminta salinan nomer tersebut kepada pendamping sosial masing-masing.


Syarat Mengurus Pengajuan Penggantian KKS Yang Hilang Atau Rusak

1. Surat Keterangan Kehilangan

Langkah – langkahnya :

- Membuat surat pengantar dari desa / kelurahan / distrik setempat yang ditujukan kepada kepolisian untuk menerbitkan surat kehilangan buku tabungan atau atm bansos baik atm BSP/ BPNT maupun PKH,

- Mendatangi Polsek setempat atau terdekat dengan menunjukkan KTP, KK, surat pengantar dari desa yang mencantumkan keterangan mengurus KKS yang hilang atau rusak,

- Melengkapi berkas yang dibutuhkan kepolisian setempat,

 

2. Surat Pengantar Dari Dinas Sosial Kota/Kabupaten

Langkah – langkahnya :

-Membuat surat pengantar dari desa / kelurahan / distrik setempat yang ditujukan kepada Dinas Sosial setempat,

-Mendatangi Dinas Sosial pada bagian pelayanan untuk kemudian dibuatkan surat pengantar dari dinas Sosial yang berisi tentang data diri KPM bansos dan tujuan.


Cara Mengurus Pengajuan Penggantian KKS Yang Hilang Atau Rusak

1. Mendatangi Bank penerbit buku tabungan dan atm bansos tersebut,

2. Mengantri di bagian Pelayanan (Customer service)

3. Setelah dilayani, sampaikan maksud dan tujuan serta memberikan berkas-berkas yang dibutuhkan yakni :

- Surat Pengantar Dari Dinas Sosial.

-KTP Asli,

-KK Asli

- Nama Ibu Kandung, (ketika ditanyakan harus sesuai dengan yang  tertera di KK)

- Surat Kehilangan Kepolisian Asli (yang masih berlaku, cek tanggal berlakunya)

4. Datang sendiri dan dilarang untuk diwakilkan.

Proses penggantian KKS yang hilang atau rusak memakan waktu sekitar  30 menit. Dengan melampirkan bukti yang asli dan sah, maka anda tidak akan ditolak. Maka dari itu syarat dan cara beserta langkah diatas jika sebelumya anda perhatikan dan ikuti dapat dipastikan proses pengajuan penggantian KKS bantuan sosial anda akan berjalan lancar.


Aktivasi Dan Koneksi Fitur E-wallet

Fitur E –Walet adalah fasilitas yang dimiliki oleh kartu KKS bantuan sosial khusus yang diterbitkan oleh HIMBARA. Fitur ini memungkinkan anda mendapatkan bansos lebih dari satu jenis sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Fitur E-walet ini khusus saat ini digunakan untuk anda yang mendapatkan bantuan BSP Sembako (BPNT dahulu) yang nominalnya sejumlah Rp. 200.000, perbulan. Jika setelah penggantian kartu ATM bansos yang hilan tadi tidak anda lakukan aktivasi, maka bantuan BSP anda tidak akan terbaca oleh mesin EDC E-warong maupun agen bank.

Cara Aktivasi E-walet

Saat kartu pengganti anda telah jadi dan dalam proses pembuatan PIN atau pasword oleh Customer Service, sampaikan permintaan untuk aktivasi dan koneksi  fitur E-Wallet ke kartu ATM anda yang baru.

Jangan lupa lakukan cek kuota bansos anda setelah melakukan penggantian kartu. Pastikan, kartu ATM anda maupun buku tabungan pengganti jangan sampai hilang kembali. Simpan sendiri dan jangan pernah meminjamkan kepada orang lain atupun sampai menggadaikan.

Keamanan bansos dan KKS bansos anda yang telah di ganti karena hilang ataupun rusak milik anda, sepenuhnya  ada pada tangan anda sendiri. Jangan pernah menyalahgunakan bansos milik sendiri ataupun milik orang lain. Semoga informasi syarat dan cara mengurus pengganti KKS bansos yang hilang ataupun rusak ini bermanfaat. Bagikan jika dirasa artikel ini dapat membantu orang lain disekitar anda.

 

 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar