--> Skip to main content

Mengenal KKS Bansos | Manfaat, Fungsi, Dan Cara Pakai

Apa kabar sobat kabar bantuan.com ?? Kali Ini kita akan membahas mengenai “Mengenal KKS Bansos, baik dari segi manfaat, fungsi dan cara pemakaiannya. Mungkin ada diantara anda pembaca setia kabar bantuan yang baru saja memperoleh KKS Bansos ataupun telah lama memiliki serta merasakan manfaat serta kegunaan KKS bansos.

KKS bansos sendiri banyak digunakan oleh para Penerima Manfaat bantuan sosial yang berasal dari pemerintah melalui Kementerian Sosial RI. Hal ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat miskin dan sangat miskin untuk lebih mengenal inklusi keuangan serta lebih akrab dengan lembaga keuangan terutama milik pemerintah yang ada dalam Himpunan Bank Milik Negara yang selanjutnya disebut HIMBARA.

Himpunan Bank Milik Negara yang disebut juga Himbara ini terdiri dari beberapa bank diantaranya Bank Mandiri, Bank BTN, Bank BRI, dan Bank BNI. Bank – bank inilah yang ditunjuk untuk menerbitkan, mengedarkan/ mendistribusikan serta mengenalkan KKS Bansos kepada masyarakat luas terutama masyarakat miskin atau sangat miskin. 


Mengenal KKS Bansos | Manfaat, Fungsi, Dan Cara Pakai

Apa Itu KKS Bansos

Adapun KKS Bansos saat ini adalah kartu elektronik yang  memiliki bentuk fisik berupa kartu ATM yang di edarkan khusus oleh bank Himbara untuk penerima manfaat bantuan sosial. Kartu ATM KKS Bansos memiliki ciri khas khusus yakni tampilannya berwarna merah putih dengan tulisan “Kartu Keluarga Sejahtera” dengan logo Himbara di Pojok Kanan atas dan lambang Garuda Emas di pojok kiri atas.

Mengenal KKS Bansos | Manfaat, Fungsi, Dan Cara Pakai
Manfaat, Fungsi, Dan Cara Pakai KKS Bansos

Selain itu, tampak depan kartu ATM KKS Bansos ini juga memuat Nomor kartu, Tahun dicetak kartu dan tahun berakhirnya masa pakai kartu, serta Nama Pemiliki Kartu. 


Berapa lama kartu ATM KKS bansos baru bisa digunakan?

Setelah dilakukan proses aktivasi, umumnya kartu KKS Bansos bisa langsung digunakan tanpa massa menunggu jeda selama 24 jam.


Manfaat KKS Bansos

KKS Bansos merupakan alat transaksi elektronik yang memiliki manfaat sebagai sarana bagi Penerima Manfaat untuk menampung dan menerima lebih dari satu jenis bantuan dari pemerintah. Kemampuan menerima beberapa jenis bantuan ini dikarenakan KKS Bansos memiliki fitur E-Wallet.

Fitur E-wallet ini tidak ditemui di kartu ATM bank sebagaimana biasanya. Fitur ini hanya disematkan pada KKS Bansos untuk efisiensi bagi penerima manfaat jika memungkinkan menerima beberapa jenis bantuan dari pemerintah.

Sederhananya dalam satu Kartu KKS Bansos ini seorang penerima dapat menerima beberapa bantuan seperti : kuota elpiji, kuota susidi pupuk, kuota sembako, dan bantuan tunai seperti bansos tunai PPKM. 


Fungsi KKS Bansos

Sesuai dengan penjelasan diatas bahwa KKS bansos merupakan kartu ATM yang memiliki fungsi untuk melakukan transaksi di mesin ATM maupun mesin EDC di E-Warong atau agen bank. Berikut beberapa macam transaksi yang dapat dilakukan menggunakan kartu ATM KKS Bansos, yaitu:

1. Tarik Tunai Dari Rekening Bansos

Salah satu fungsi KKS bansos, kita dapat melakukan pengambilan uang secara tunai atau tarik tunai dari rekening  tabungan bansos kita sewaktu-waktu melalui mesin ATM atau mesin EDC di E-warong atau agen bank sesuai kartu yang kita miliki.

Khusus untuk KKS Bansos ini, Bank penerbit kartu memberikan limit (batasan) harian untuk melakukan tarik tunai di mesin ATM sebesar Rp. 1.000.000, (satu juta) perhari.

Tidak hanya di mesin ATM dari bank yang mengedarkan kartu KKS bansos, kita juga bisa menarik uang lewat mesin ATM bank lain yang tergabung dalam jaringan, contoh Alto atau LINK. Tentunya tarif penarikan mengikuti kebijakan masing - masing bank.

Baca Juga : Tarik Uang Di ATM Tanpa Kartu ATM Terbaru

2. Setor Tunai ke Rekening Bansos

Selain bisa menarik tunai uang bansos, kartu KKS Bansos juga bisa digunakan untuk melakukan setor tunai ke rekening yang dimiliki Penerima Manfaat.Penerima Manfaat Bansos tak perlu mengantri ke teller untuk sekedar setor tunai.

Dengan menggunakan KKS Bansos, fungsi setor tunai tidak bisa dilakukan di sembarang mesin ATM. Fungsi untuk setor tunai ke rekening bansos hanya dapat dilakukan di mesin ATM yang melayani setor tunai. Penerima Manfaat juga bisa setor tunai melalui E-warong atau agen bank terdekat.

3. Cek Saldo Bansos

Mengenal KKS Bansos | Manfaat, Fungsi, Dan Cara Pakai
Ilustrasi Penerima Manfaat Cek Saldo KKS Bansos

Memiliki kartu KKS Bansos, Penerima Manfaat ATM KKS dapat melakukan cek saldo bantuan yang berupa uang di mesin ATM. Fungsi ini dapat anda lakukan kapan saja dan di mana saja sesuai kebutuhan penerima manfaat.

Bagi anda yang mendapatkan bantuan sosial berupa Kuota bansos, anda hanya dapat melakukan di mesin EDC yang terdapat pada E-warong atau agen bank terdekat. Untuk melakukan cek saldo bansos maupun kuota ini tidak dikenakan biaya alias Gratis.

4. Cek Mutasi Rekening Bansos

Kartu KKS Bansos juga bisa digunakan untuk mengecek mutasi rekening bansos lewat mesin ATM bank penerbit kartu. Jika anda hanya sekedar ingin tau lima transaksi terakhir, lakukan cek mutasi rekening bansos via mesin ATM saja tanpa harus cetak buku tabungan atau datang ke bank.

5. Terima atau Transfer uang 

Selain menarik atau menyetor ke rekening sendiri, kartu KKS Bansos juga dapat  digunakan untuk menerima atau memindahkan uang dari rekening orang lain ke rekening bansos kita atau sebaliknya. Mudahnya, fungsi ini disebut transfer uang.

Menggunakan mesin ATM dengan kartu KKS Bansos, kita bisa mengirim dan menerima kiriman (transfer uang) ke sesama bank atau ke bank lain dengan batasan nominal yang disesuaikan dengan peraturan bank.

Selain dapat menerima kiriman dari dalam negeri, KKS Bansos ini juga dapat menerima kiriman uang dari luar negeri dengan mengikuti kebijakan pengiriman antar negara yang berlaku saat itu juga.


Cara Pakai KKS Bansos

Adapun cara penggunaan kartu ATM KKS Bansos ini bagi anda yang pertama kali memiliki kartu ATM adalah sebagai berikut :

1. Simpan Kartu ATM KKS Bansos pada tempat yang aman,

2. Dilarang meminjamkan, memberikan, menggadaikan ataupun menjual kartu KKS Bansos kepada orang lain,

3. Yang boleh menyimpan atau memegang kartu tersebut adalah orang yang namanya tertera dalam kartu KKS bansos tersebut,

4. Dilarang memberitahukan pin / pasword kepada siapapun termasuk petugas bank,

5. Lakukan transaksi di mesin ATM, E-Warong, agen bank yang sesuai dengan penerbit / menyediakan mesin gesek sesuai dengan bank penerbit kartu KKS Bansos anda. Hal ini bertujuan agar anda tidak dikenai biaya transaksi antar bank,

6. Tidak diperkenankan untuk memfotocopy, melaminating, menyimpan/meletakkan  kartu KKS Bansos di area medan magnet yang kuat dikarenakan akan menyebabkan pita (strip) magnetik yang berisi data anda rusak atau hilang,

7. Dilarang mengumpulkan kartu KKS Bansos kepada perangkat desa, agen bank, ketua kelompok, petugas bansos maupun lainnya, ataupun pihak lain yang memungkinkan dapat disalahgunakan,


Mengenal KKS Bansos | Manfaat, Fungsi, Dan Cara Pakai

8. Jika terjadi kerusakan pada kartu, permasalahan lain anda sebagai pemilik kartu dapat mendatangi pihak bank penerbit kartu tersebut dengan didampingi petugas atau datang sendiri untuk menyelesaikan permasalahan kartu KKS Bansos anda,

9. Penggantian KKS Bansos dikarenakan beberapa sebab mengikuti prosedur yang ditetapkan bank Himbara penerbit kartu masing-masing, Penerima manfaat pada beberapa bank dikenakan biaya penggantian kartu maksimal sebesar Rp. 20.000,- yang di bayarkan anda langsung di Teller bank masing-masing,

10. Kartu ATM KKS Bansos anda memiliki kelebihan yakni tidak akan hangus jika saldo kurang dari batas saldo pada jenis kartu Atm lainnya,

11. Segera lakukan penarikan bantuan sosial pada KKS Bansos anda agar tidak dilakukan pemblokiran bantuan oleh pemerintah. Lama pemblokiran biasanya berkisar antara 100 hari sejak bantuan masuk ke rekening dan tidak terjadi transaksi dalam rentan waktu tersebut,

Baca Juga : Prosedur Penggantian Kartu Sembako

Demikianlah infomasi Mengenal Manfaat, Fungsi, dan Cara Pakai KKS Bansos berupa kartu ATM yang baru saja anda terima ataupun pertama kali anda gunakan. Semoga bermanfaat dan dapat anda bagikan kepada teman, kerabat, saudara informasi ini agar lebih bermanfaat..


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar