--> Skip to main content

Dana Renovasi Sekolah Dari Pemerintah

Dana Renovasi Sekolah Dari Pemerintah – Banyak dari masyarakat dari kalangan pelaku pendidikan ataupun umum yang membutuhkan dana renovasi untuk perbaikan gedung sekolah ataupun madrasah namun tidak mengetahui bagaimana cara atau prosedur untuk mendapatkannya.

Dana Renovasi Sekolah Dari Pemerintah
Dana Renovasi Sekolah Dari Pemerintah - kabarbantuan.com

Pemerintah sendiri dalam setiap tahun anggaran, pasti menyediakan dana bantuan baik berupa dana sosial ma
upun hibah yang dalapt digunakan salah satunya untuk renovasi gedung baik sekolah, madrasah, kantor, dan sebagainya.

Untuk memberikan gambaran secara sederhana tentang cara yang harus dilakukan dalam upaya mendapatkan dana renovasi gedung sekolah atau madrasah mari kita ikuti beberapa tahapan dibawah ini :

Syarat Pengajuan Dana Renovasi Sekolah


Adapun syarat untuk mendapatkan dana renovasi sekolah sangatlah mudah. Syarat ini tidak sesulit yang dibayangkan oeh masyarakat pada umumnya. Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh pemilik/pelaksana sekolah atau madrasah:


1. Memiliki Lembaga Formal

Lembaga formal disini merupakan lembaga yang menaungi keberadaan kegiatan – kegiatan yang berhubungan dengan jalannya proses pendidikan di sekolah maupun madrasah yang sedang berjalan. Adapun persyaratan lembaga tersebut harus sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan.

2. Terdapat Fisik Gedung Yang Rusak

Salah satu syarat pengajuan dana renovasi yakni harus ada fisik gedung baik berupa kantor, kelas, ruang lainnya yang berkaitan dengan proses pendidikan baik disekolah umum ataupun madrasah yang kondisi kelayakannya kurang dari 15 persen. Ini lebih mudah disebut dengan gedung yang kerusakannya lebih dari 85 persen.

Pengajuan Proposal Permohonan Renovasi

Setelah kedua syarat diatas telah terpenuhi, maka langkah selanjutnya adalah pihak pengelola atau pelaksana membuat surat pemohonan dilampiri dengan proposal pengajuan dana renovasi gedung baik sekolah umum ataupun madrasah dengan memperhatikan alur birokrasi serta tujuan pengajuan tersebut.

Pada proses rencana pengajuan proposal permohonan dana renovasi tersebut, ada baiknya memperhatikan hal – hal berikut :

1. Tujuan Berdasarkan Kebutuhan Dana

Adapun kepada siapa tujuan dari surat permohonan tersebut sangatlah berpengaruh. Hal ini dipengaruhi dari seberapa besar kebutuhan dana renovasi serta alur birokrasinya. Sebagai gambaran singkat terkait kebutuhan dana :

- Kebutuhan dana 10 juta – 50 juta, ditujukan kepada Pemerintah Daerah / Kota Setempat,
- Kebutuhan dana 50 juta – 500 juta, ditujukan kepada Pemerintah Provinsi,
- Kebutuhan dana 500 juta – 1 milyar/lebih, ditujukan kepada Pemerintah Pusat (melalui Kementerian),

2. Tujuan Berdasarkan Alur Birokrasi

Sedangkan untuk tujuan berdasarkan alur birokasinya pengajuan dana renovasi dapat digambarkan secara sederhana sebagai berikut :

- Sekolah atau madrasah dibawah perizinan Dinas Pendidikan dapat diajukan langsung ke Pemerintah Daerah/Kota, Provinsi, Pusat (melalui Kemendikbud),
- Sekolah atau madrasah dibawah perizinan Departemen Agama dapat diajukan hanya melalui Kementerian Agama,

Pengajuan bantuan untuk sekolah ataupun madrasah secara lebih gamblang dalam pembuatan proposal beserta kelengkapnnya, akan dibahas kami bahas lebih mendetail pada artikel contoh proposal pengajuan dana bantuan sekolah yang akan datang.

Tips Dan Trik

Agar permohonan pengajuan dana renovasi dapat diterima dan dapat disalurkan, baiknya perhatikan beberapa hal berikut :
1. Pastikan syarat – syarat pengajuan permohonan diatas terpenuhi,
2. Pastikan bahwa pengajuan proposal sudah sesuai dengan tujuannya baik berdasarkan kebutuhan dana maupun alur birokrasinya,
3. Ikuti Petunjuk Teknis yang telah ditentukan dari Pemda, Pemprov, ataupun Kementerian dalam hal pengajuan permohonan dana,
4. Lampirkan data – data yang valid terkait permohonan pengajuan dana renovasi,
5. Jangan memarkup data siswa dan lampirkan data yang sebenarnya,
6.  Pastikan mencantumkan nomer kontak pengurus yang aktif dan tercantum dalam permohonan pengajuan.




foto : pixabay
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar