--> Skip to main content

Gratis !!! Pelatihan Bagi Masyarakat Lewat BLKK Pesantren Tahun 2020

Banyaknya pengangguran saat ini merupakan salah satu indikator dari rendahnya kemampuan masyarakat untuk bersaing. Pemerintah melalui kementerian ketenagakerjaan memberikan fasilitas untuk mengatasi masalah tersebut.

Bantuan pelatihan bagi masyarakat umum saat ini sudah dibuka secara lebar oleh pemerintah. Hampir disetiap daerah telah didirikan BLKK ( Balai Latihan Kerja Komunitas ) yang bekerjasama dengan Yayasan Pondok Pesantren.

Peserta Mengikuti Pelatihan Di BLKK

Diharapkan masyarakat umum yang masih belum memiliki kemampuan sebagai bekal bekerja atau memulai mandiri dapat melatih skill/kemampuannya untuk diasah.

Bantuan pelatihan ini diberikan secara gratis oleh pemerintah melalui kementerian ketenagakerjaan. Dengan tujuan agar masyarakat miskin tidak terbebani biaya untuk menambah wawasan dan pengetahuan serta dapat praktek secara langsung.

Adapun jenis-jenis bantuan Pelatihan yang disediakan oleh pemerintah melalui BLKK agar dapat diakses oleh masyarakat adalah sebagai berikut :

Bantuan Pelatihan

Jenis Pelatihan :

Praktek Pelatihan Membuat Makanan Ringan


- Pelatihan Tata Boga

Bagi masyarakat yang memiliki hobi atau minat dalam memasak, dapat meningkatkan kemampuannya dengan mengikuti bantuan pelatihan tata boga.

Peserta akan membuat langsung berdasarkan teori yang sudah diberikan oleh instruktur dalam setiap sesi pelatihan membuat makanan baik berupa kue ataupun lainnya.

- Pelatihan Menjahit

Peserta yang mengikuti pelatihan menjahit akan dibekali dengan teori tentang dasar-dasar menjahit yang benar. Sehingga memiliki gambaran jelas nanti ketika membuka usaha jahit mandiri.

Selain teori tentang menjahit, peserta juga akan melakukan praktek menjahit yang bahan-bahannya telah disediakan oleh pengelola BLKK secara gratis.

Proses Pelatihan Di BLKK

- Pelatihan Otomotif

Pelatihan ini ditujukan untuk memberi peserta pelatihan kemampuan dasar dalam dunia perbengkelan khususnya menangani kendaraan bermotor roda dua.

Nantinya peserta selain memiliki skil dan pengetahuan tentang mesin kendaraan serta mengatasi masalahnya, peserta pelatihan akan langsung melakukan praktek.

Setelah kegiatan pelatihan ini selesai, peserta akan mendapatkan sertifikat lulus pelatihan yang dapat digunakan untuk melamar kerja atau mendirikan usaha bengkel sendiri.

- Pelatihan Komputer

Pelatihan komputer yang diselenggarakan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat. Selain dasar-dasar dalam menjalankan aplikasi di komputer, peserta diberikan teori tambahan lainnya.

Adapun teori tambahan dalam pelatihan komputer diantaranya membuat video sederhana, editing film, serta aplikasi lain berbasis komputer berserta prakteknya.

Pelatihan Komputer Di BLKK komunitas

Bagi masyarakat yang tertarik untuk mengikuti pelatihan ini, dapat menghubungi dinas tenaga kerja di kota/kabupaten setempat untuk mengetahui lokasi BLKK yang ada.

Untuk informasi dan pendaftaran, silahkan menghubungi langsung pada pengelola BLKK setempat.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar