--> Skip to main content

Syarat Dan Cara Mendapatkan KIS PBI Tahun 2021

Banyak masyarakat yang bertanya-tanya bagaimana caranya mendapatkan KIS PBI bagi anggota keluarga, saudara, tetangga yang dirasa layak dan membutuhkan untuk mengakses fasilitas kesehatan ketika salah satu dari beberapa kerabat anda mengalami sakit atupun hal-hal yang tidak terduga terkait hal kesehatan.

Masyarakat prasejahtera ( Miskin ) merupakan sasaran program pemerintah yang dianggap pemerintah tidak dapat menjangkau pelayanan fasilitas kesehatan yang layak dan sesuai dengan standar kesehatan nasional.

Adapun pelayanan oleh fasilitas kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah mulai dari poskesdes, pustu dan layanan praktek dokter yang berada disekitar lingkungan masyarakat di desa maupun dikelurahan. Sedangkan untuk pelayanan yang lebih memadai masyarakat miskin dapat mengunjungi fasilitas kesehatan tingkat 1 berupa Puskesmas.

Syarat Dan Cara Mendapatkan KIS PBI Tahun 2021 - kabarbantuan.com
Syarat Dan Cara Mendapatkan KIS PBI Tahun 2021 - kabarbantuan.com

Puskesmas sendiri didirikan di hampir setiap kecamatan diseluruh Indonesia. Masyarakat umum dan khususnya masyarakat prasejahtera dapat mengakses beberapa macam layanan seperti Unit Gawat Darurat, rawat inap, serta beberapa pelayanan poli lainnya yang bisa dinikmati secara gratis dengan menggunakan KIS.

Mengenal KIS

KIS ( Kartu Indonesia Sehat ) merupakan asuransi kesehatan yang diselenggarakan oleh pemerintah Indonesia dibawah kendali BPJS ( Badan Penyelenggara Jaminan Sosial ) Kesehatan. BPJS kesehatan sendiri menghimpun dana dari masyarakat untuk nantinya digunakan oleh masyarakat yang membutuhkan biaya perawatan kesehatan.

KIS sendiri terbagi dalam 2 jenis, yakni KIS Mandiri dan KIS PBI (Penerima Bantuan Iuran). Syarat untuk mendapatkan KIS Mandiri sangat mudah. Anda hanya tinggal mendaftar di kantor BPJS Kesehatan setempat yang berada di masing-masing kota/kabupaten.

Saat mendaftar, anda dapat memilih besaran iuran yang akan anda gunakan karena iuran ini terbagi dalam 3 kelas iuran. Besaran iuran nantinya akan berpengaruh kepada layanan yang nantinya anda nikmati.

Maka, tanyakan dengan detail dan pastikan anda mengerti tentang besaran iuran serta layanan yang akan anda pilih kedepannya. Jangan ragu untuk bertanya sejelas-jelasnya  kepada petugas BPJS karena mereka telah dibekali dengan pengetahuan sesuai dengan kompetensi layanan BPJS Kesehatan.

Syarat Dan Cara Mendapatkan KIS PBI

Syarat dan cara mendaptkan KIS PBI sebenarnya sangatlah mudah. Anda dapat mengurus sendiri agar lebih cepat dalam proses mendapatkan KIS PBI ini. Karena KIS PBI ini sendiri berbeda dengan KIS Mandiri, adapun KIS PBI ini disubsidi oleh pemerintah pusat.

Syarat paling utama untuk mendapatkan KIS PBI ini adalah anda harus benar – benar tergolong keluarga prasejahtera (Miskin). Ini dibuktikan dengan tercantumnya data keluarga anda di DTKS. Dan anda juga termasuk dalam salah satu penerima program bansos pemerintah yang masih aktif.

Selain syarat diatas harus tepenuhi, maka cara selanjutnya adalah anda melengkapi berkas persyaratan yang akan di bawa ke bagian pelayanan BPJS Kesehatan. Adapun kelengkapan KIS PBI yang harus dipenuhi adalah :

1. Fotocopi KTP dan KK ( masing-masing 3 lembar),*
2. Foto Rumah dan foto ART (Anggota Rumah Tangga) yang belum punya KIS PBI (masing – masing 3 lembar ),*
3. Surat Pengantar yang berisi permohonan bantuan pembuatan KIS ditujukan kepada Dinas Sosial Kota / Kabupaten setempat, yang diterbitkan oleh kepala desa / kelurahan,
 4. SKTM ( Surat Keterangan Tidak Mampu ) yang mencantumkan penjelasan tambahan bahwa keluarga ini merupakan penerima program bansos BSP Sembako/ PKH / BST,
5. Surat Keterangan Domisili ( jika belum memiliki KTP ),
6. Surat Pengantar / Pengesahan dari pihak kecamatan setempat
7. Materai satu lembar untuk pendaftaran di BPJS Kesehatan.

* Lembar ke-1 : Untuk arsip desa
  Lembar ke-2 : Untuk arsip Dinas Sosial
  Lembar ke-3 : Untuk pengajuan ke BPJS Kesehatan.

Setelah syarat tersebut dipenuhi, cara selanjutnya untuk mendapatkan KIS PBI adalah dengan mendatangi dinas sosial kota / kabupaten setempat untuk melakukan verifikasi dan validasi data DTKS dan keabsahan sebagai salah satu penerima bansos.

Setelah benar dinyatakan valid, Dinas Sosial akan menerbitkan surat pengantar untuk melengkapi syarat sebelumnya. Pengantar tersebut ditujukan kepada BPJS kesehatan agar pemohon dapat melakukan aktivasi KIS PBI.

Proses Di BPJS Kesehatan

Jika syarat dan cara tadi sudah dilakukan serta lengkap administrasinya. Anda cukup datang ke kantor BPJS Kesehatan, mengisi formulir dan ditanda tangani menggunakan materai yang sudah disiapkan sebelumnya. Tunggu proses input data oleh petugas, dan hari itu juga kartu KIS anda ataupun kerabat anda dapat diterima dan digunakan.

Bagaimana, sangat mudah kan ? Jika informasi ini menurut anda berguna jangan lupa bagikan kepada saudara, kerabat, serta teman – teman anda.



















#bpjs #bpjskesehatan #kis #kispbi #penerimabantuaniuran


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar