--> Skip to main content

Saldo Rekening Bansos Anda Masih Nol, Coba Lakukan Ini ( bag 2 )

Mengurus perbaikan data tidak padan dengan bank namun posisi anda adalah pengurus pengganti dari pemilik rekening yang sebenarnya baik dikarenakan pemilik rekening yang sebenarnya telah  meninggal atau berhalangan tetap.

Anda sebagai pengurus pengganti sebaiknya minta didampingi oleh Pendamping Sosial yang bertugas di wilayah tersebut. Hal ini bertujuan agar membantu proses pengurusan karena Pengurus Pengganti yang saat ini diakui adalah mereka yang merupakan keluarga inti dari KPM seperti Ayah, Ibu dan Anak yang sudah mengerti hukum.

Saldo Rekening Bansos Anda Masih Nol, Coba Lakukan Ini ( bag 2 )
Saldo Rekening Bansos Anda Masih Nol, Coba Lakukan Ini ( bag 2 ) - kabarbantuan.com

5. Data Keseluruhan Sudah Padan Namun Saldo Masih 0,-

Status Kepesertaan : Aktif

Penyebab :  Penyaluran Bansos dilakukan secara bertahap menjadi beberapa gelombang.

Solusi : Tunggu sekitar 1 - 2 minggu karena proses penyaluran bantuan sosial dilakukan secara bertahap dan melalui beberapa gelombang mengingat jumlah bantuan sosial yang disalurkan sebanyak hampir 18 juta penerima manfaat.

Bagaimana jika rentang waktu yang ditentukan ternyata masih kosong ?

Segera  cetak rekening koran di bank penyalur. Proses pencetakan rekening koran harus dilakukan oleh pemilik rekening itu sendiri (tidak bisa diwakilkan), dengan membawa KTP, Buku Tabungan dan KKS.

Setelah melakukan cetak rekening koran, segera melapor ke Pendamping Sosial yang bertugas di wilayah tersebut untuk kemudian dilakukan Rekonsiloasi Dana Bantuan Sosial oleh pihak Kementerian Sosial Republik Indonesia dengan pihak HIMBARA (Himpunan Bank - Bank Milik Negara)

Khusus rekening bantuan BSP Sembako tidak dapat melakukan prose cetak rekening koran. Namun yang bisa dilakukan adalah pengecekan saldo melalui Agen BSP Sembako yang telah ditunjuk dengan cara meminta untuk cetak struk cek saldo.

Bawa struk cek saldo ke Pendamping Sosial yang bertugas di wilayah tersebut untuk kemudian dilakukan Rekonsiloasi Dana Bantuan Sosial oleh pihak Kementerian Sosial Republik Indonesia dengan pihak HIMBARA.

Hal – hal yang perlu diperhatikan :

-  Jika anda merupakan KPM PKH yang mengalami kendala pada BSP Sembako, konsultasikan permasalahannya dengan Pendamping Sosial PKH,

- Jika anda merupakan KPM BSP Sembako (tidak menerima bantuan Uang PKH)  yang mengalami kendala pada BSP Sembako, temui dan laporkan permasalahnya kepada Pendamping BSP Sembako. (Pendamping ini diantaranya TKSK atau pihak lain seperti Karang Taruna, dll).

- Jika KPM masih bingung apa masalahnya silahkan langsung menanyakan kepada Dinas Sosial kota/kabupaten setempat. Atau pun dapat menghubungi operator SIKS-NG di balai desa/ kelurahan masing-masing.

- Bertanya kepada Agen Bank / Penyalur bantuan, media sosial, perangkat desa yang tidak sejalur, ataupun pihak lain diluar program tidak disarankan, karena hal tersebut nantinya akan membuat permasalahan pribadi anda semakin membingungkan. Bahkan tidak akan memberikan jawaban pasti terhadap permasalahan yang anda alami.

Segera sampaikan permasalahan yang anda alami ke Dinas Sosial kota / kabupaten setempat untuk dapatnya dilakukan pengecekan data secara akurat dan jelas. Sehingga anda dapat segera menyelesaikan jika ada kendala terkait ketidakpadanan data seperti penjelasan sebelumnya.

Sangat mudah dan simpelkan dalam mencari kejelasan terkait tidak cair / saldo nol rekening bansos anda?

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar