--> Skip to main content

Inilah 3 Bansos Dengan Anggaran Besar Di Tahun 2021, Syaratnya Mudah Kok...

Menuju Tahun 2021, Kementerian Sosial RI melalui Mensos Risma menjelaskan bahwa nantinya ada 3 bansos dengan anggaran besar yang akan diberikan kepada masyarakat dengan syarat yang terhitung sangat mudah.

Hal  ini menurut Mensos Risma, dilakukan untuk mengikuti instruksi Presiden RI disaat-saat sebelum di lantiknya Risma menjadi menteri Sosial. Untuk menunjang terwujudnya percepatan penyaluran 3 Bansos dengan anggaran yang cukup besar ini, Presiden meminta kepada kepada Mensos Risma agar penyaluran dapat dilakukan secepatnya.

Berkaitan dengan hal tersebut, Mensos Risma mengistruksikan kepada seluruh jajaran dibawahnya untuk tidak ada libur menjelang akhir tahun dan awal tahun 2021 dengan kata lain kerja non stop. Hal ini menurut Mensos Risma untuk memastikan ketiga bansos dengan anggaran besar tersebut dapat tersalur serentak di awal tahun 2021.

3 Bansos Dengan Anggaran Besar Di Tahun 2021 - kabarbantuan.com

Ke-3 bansos dengan anggaran besar di tahun 2021 ini merupakan lanjutan dari program Kementerian Sosial tahun sebelumnya yakni Bantuan Sosial Tunai (BST), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) / Kartu Sembako, dan Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

Mensos Risma juga pada kesempatan yang sama menjelaskan, bahwa saat ini dirinya beserta jajaran sedang melakukan upaya-upaya komunikasi dengan daerah serta mendorong agar finalisasi data Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dapat segera selesai dengan target tanggal 1 Januari 2021 data sudah kembali ke Pusat.

Mensos Risma juga menjelaskan bahwa jika bansos sembako dalam 1 bulannya memiliki anggaran sekitar Rp, 3,76 trilyun. Jika nominal Rp. 3,76 trilyun dibagi dengan jumlah kabupaten/kota sejumlah 514, maka rata-rata kurang lebih 60 milyar di setiap daerah. 

Dengan adanya distribusi sejumlah kurang lebih 60 milyar di daerah, maka pemenuhan akan konsumsi, kebutuhan pokok, dll akan membantu perputaran ekonomi daerah untuk terus bergerak naik. 

Disamping itu pula, diharapkan dengan berputarnya keuangan yang nominalnya terbilang cukup besar di setiap daerah, diharapkan timbul multiplayer efek sehingga mampu menggerakkan berbagai sektor lainnya yang ada di daerah.

Selain itu khusus di daerah 3T (Terluar, Tertinggal, dan Terpencil) akan mekanisme khusus. Sehingga nantinya daerah-daerah tersebut tetap terpenuhi kuota penyaluran bantuannya.

Untuk mendapatkan 3 bansos dengan anggaran besar di tahun 2021 ini syaratnya sangat mudah. Berikut beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh masyarakat yang ingin mendapatkan bansos.

Syarat-syarat

1. Masuk dalam DTKS (Data Terpadu Kesejahteraan Sosial),
2. Tergolong dalam kategori fakir miskin,
3. Memiliki Administrasi Kependudukan yang sah dan terbaru,
4. Mengambil bantuan di lembaga perbankan/instansi (Pos Indonesia) yang sudah ditunjuk,

 Lihat Juga : Pagu Anggaran Pemutakhiran Data 13 Trilyun Begini Alur Agar Mendapat Bansos Tahun 2021

Untuk mendaftar agar bisa memperoleh bantuan sosial ini tidak ada biaya khusus maupun biaya administrasi (gratis). Tertarik untuk mendapatkan salah satu dari 3 bansos dengan anggaran besar tahun 2021 ini...? Semoga informasi ini bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar