--> Skip to main content

Ide Bisnis Rumahan Yang Dapat Menghasilkan Uang Dengan Mudah Tahun 2021

 Ide bisnis rumahan simpel dan dapat menghasilkan uang dengan mudah bagi para ibu-ibu rumah tangga sangat dibutuhkan saat ini. Ide yang paling simpel dapat dilakukan sebagai salah satu cara agar ekonomi keluarga dapat meningkat di tahun 2021 ini.

Pentingnya ibu-ibu saat ini sebagai kepala rumah tangga turut serta dalam membantu meningkatkan pendapatan keluarga dikarenakan kondisi perekonomian yang kurang baik sebagai dampak adanya pandemi sepanjang tahun 2020.


Ide Bisnis

Berikut beberapa ide bisnis rumahan yang dapat dilakukan untuk menambah pendapatan keluarga :

1. Membuat kerajinan tangan

Membuat kerajinan tangan dari bahan kulit merupakan ide bisnis rumahan yang simpel dan dapat dilakukan oleh ibu-ibu rumah tangga. Adapun kerajinan tangan berbahan kulit ini dapat berupa kerajinan yang hasilnya diperlukan dalam kegiatan sehari-hari.

Beberapa kerajinan tangan berbahan dasar kulit diantaranya adalah dompet pria maupun wanita, dompet kulit untuk surat-surat kendaraan bermotor (STNK), tas slempang baik pria maupun wanita, tas khusus wanita ataupun aksesoris -  aksesoris lainnya yang dapat dibuat dari bahan kulit.

Penggunaan bahan kulit sebagai bahan dasar untuk kerajinan tangan ini sangat membantu dalam penjualan produk  kerajinan tangan karena selain dari nilai estetika dan keindahan produk yang berbahan dasar kulit ini, nilai tambah pada penjualan akan sangat baik sekali.

Sehingga dengan penggunaan bahan dasar kulit asli tersebut, ibu – ibu dapat meningkatkan pendapatan keuangan keluarga dengan sangat baik.

 2. Repacking Produk

Repacking produk (mengemas ulang produk) merupakan salah satu peluang bagi para ibu-ibu rumah tangga yang banyak memiliki waktu luang dirumah. Adapun ide bisnis mengemas ulang  ini dapat ibu – ibu pakai untuk beberapa produk saja. Produk – produk yang banyak dilakukan proses pengemasan ulang diantaranya adalah produk makanan.

Anda dapat menganalisa terlebih dahulu sumberdaya produk  apa yang ada disekitar lingkungan atau  produk apa yang banyak dibutuhkan dilingkungan sekitar anda namun belum banyak tersedia disekitar anda.

Jika lingkungan anda merupakan basis produksi makanan yang hanya dijual ala kadarnya, anda dapat meningkatkan harga jual produk tersebut dengan melakukan pengemasan ulang terhadap produk makanan tersebut.

Keuntungan yang dapat anda ambil adalah, ketika anda menjual produk dengan selisish harga antara sebelum dikemas dan sesudah dikemas. Produk yang sudah dikemas tentunya memiliki ketahanan yang lebih lama, menaikkan minat pembeli, serta menghasilkan pendapatan yang menambah keuangan / income baru bagi keluarga anda.

Anda dapat menjual produk tersebut dengan memberi kemasan serta brand yang menarik. Penjualan yang dapat menjangkau wilayah yang jauh dari tempat tinggal anda melalui penjualan berbasis digital (online shop).

Sedangkan jika wilayah anda merupakan daerah konsumtif terhadap sesuatu barang yang lebih spesifik, misal banyak penggemar ikan hias atau ikan budidaya. Anda dapat menjual makanan ikan dengan mengemas ulang produk makanan ikan tersebut.

Pengemasan ulang ini dengan tujuan agar harga dapat terjangkau oleh penggemar ataupun pembudidaya ikan tadi dengan membeli makanan ikan dengan ukuran lebih kecil atas sesuai kebutuhan. Anda sendiri dapat membeli dengan jumlah yang besar dan harga yang jauh lebih murah dan mengemas ulang dengan jumlah yang lebih kecil serta tentunya harga akan naik menyesuaikan ukuran produk.

3. Membuat Produk Makanan Ringan

Produk makanan ringan hingga hari ini masih menempati posisi terbanyak dari pelaku sektor UMKM. Produk makanan ringan ini sangat diminati oleh masyarakat hampir disemua kalangan. Anda ibu-ibu yang memiliki kemampuan / skil untuk membuat makanan ringan seperti kue kering, krupuk, ataupun produk sejenis, dapat menjadikan bisnis ini sebagai tambahan pendapatan bagi keluarga anda.

Mulai dari bahan – bahan yang tersedia disekitar anda, anda dapat mulai mengolah bahan tersebut sehingga memiliki nilai jual yang baik. Semakin produk anda dikenal masyarakat, maka anda juga aman memiliki kesempatan untuk mendapatkan pemasukan yang semakin besar bagi keluarga anda.

Salah satu yang banyak diproduksi dengan bahan yang ada disekitar lingkungan serta mudah di budidayakan untuk bahannya adalah kripik bayam, kripik janggelan, kripik jamur serta beberapa produk yang tumbuh disekitar lingkungan rumah.

Anda dapat memasarkan produk rumahan tersebut di warung – warung sekitar rumah anda, dan rumah makan yang ada dilingkungan anda.

Demikianlah beberapa ide bisnis rumahan yang banyak diminati para pelaku umkm ibu-ibu rumah tangga yang banyak memberikan pengaruh dalam peningkatan pendapatan keuangan rumah tangga. Semoga bermanfaat bagi anda dalam memberikan ide-ide serta menafaatkan waktu luang yang kosong.

Anda mau memilih ide yang mana ?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar