--> Skip to main content

Bantuan PKH Bulan Ini Tidak Cair, Kenapa Ya Bu ?

Dalam sebuah sesi pertemuan kelompok yang membahas terkait peningkatan kapasitas keluarga, disampaikan penjelasan terkait kebijakan pemerintah dalam penyaluran bantuan sosial yang sedikit berbeda dari sebelumnya. Setelah berakhirnya sesi tersebut, terlihat seorang peserta bertanya hal serius kepada pendamping. Berikut dialognya :

KPM : Kenapa bulan ini bantuan PKH saya tidak cair ya bu?
Pendamping PKH : Apakah ibu sudah cek saldonya ?
 
KPM : Sudah bu, saya cek di e-warong terdekat didesa sini.
Pendamping PKH : Apa selama ini kartu ATM ibu pegang sendiri atau dititipkan orang lain ?
 
KPM : Alhamdulillah bu, kartunya saya pegang sendiri. Tidak pernah saya titipkan siapa-siapa. Tapi kok tidak cair ya bu ?
Pendamping PKH : Bagus kalau begitu bu, sebentar saya cek dulu data ibu ya. Apakah masih punya komponen atau tidak ?
 
Bantuan PKH Bulan Ini Tidak Cair, Kenapa Ya Bu ?
(foto : Ilustrasi pertemuan kelompok)
Bantuan PKH Bulan Ini Tidak Cair, Kenapa Ya Bu - kabarbantuan.com

KPM : Lha itu sinta anak saya masih sekolah SMA kelas 1 bu, dan adiknya masih kelas 6 SD.
Pendamping PKH : Oh gitu bu, sebentar saya pastikan lagi ya bu.

------(setelah beberapa saat)--------

Pendamping PKH : Begini bu Shela, data ibu sudah benar bahwa anak ibu yang SMA dan yang SD sudah masuk data PKH, namun disini ada perbedaan data . Data Ibu dan data anak ibu ini tercantum beda KK, apa benar demikian ?
 
KPM : Hmmm .... sebenarnya saya dan suami saya sudah bercerai bu pendamping, memang anak saya sudah ikut ayahnya sejak bulan kemaren. Jadi tidak lagi bersama saya disini.
Pendamping PKH : Nah ibu, PKH hanya akan membantu keluarga yang sesuai dengan aturan yang berlaku di PKH saja, termasuk keluarga itu harus tinggal didalam wilayah, bersekolah atau ke posyandu, juga wajib menunjukkan bukti bahwa keluarga itu masuk dalam 1 kartu keluarga yang sah sesuai Dukcapil.
 
KPM : Iya bu, maafkan saya tidak melaporkan yang sesungguhnya...
Pendamping PKH : Bulan maret dan sampai beberapa bulan kedepan, Kemensos dan Kemendagri akan melakukan pemadanan data, jadi data-data penerima bantuan yang tidak sesuai akan secara otomatis ditunda atau dihapus datanya dari kepesertaan bansos.

KPM : Jadi bantuan saya tidak cair bu?
Pendamping PKH : Ada baiknya ibu cek data ibu, mulai dari perbarui KK di Dukcapil, lapor perubahan data DTKS melalui desa, dan nanti ibu akan dijelaskan terkait kepesertaan ibu setelah melakukan update data.
 
KPM : Artinya bantuan saya tetap tidak cair ?
Pendamping PKH : Betul bu, lebih tepatnya ditunda karena data ibu berubah dan tidak sesuai dengan kriteria penerima salah satu program bansos. Ibu asal mau memperbaiki data, nanti akan ada bansos lain yang sesuai dengan kriteria ibu.

Perubahan data peserta penerima bansos sangat berpengaruh kepada status penerima bansos itu sendiri. Alangkah bijak dan baiknya jika anda sebagai penerima bansos selalu melakukan pembaharuan data minimal 5 tahun sekali. Hal ini untuk memastikan data anda tidak mengalami perubahan.

Pastikan untuk melaporkan setiap perubahan data keluarga baik pengurangan art maupun penambahan art sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Hindari untuk tidak jujur kepada petugas agar tidak menyulitkan diri anda sendiri.


 

 



*Adinda Putri
Pekerja Sosial Masyarakat



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar