--> Skip to main content

Trip Menuju Kawasan Gunung Ijen Bondowoso | Bersama Tim Jelajah Kabar Bantuan.com

Travel, Kabar Bantuan.com – Kawasan Gunung Ijen Bondowoso menjadi pesona karena keindahan kawah dan Blue Firenya yang tak pernah membosankan. Puncak gunung Ijen ini memiliki ketinggian 2.443 meter dpl. Trip terindah dan berkesan ketika anda mengunjunginya melewati jalur sumber wringin kabupaten Bondowoso.

Trip kali ini menuju kawasan gunung Ijen di kabupaten Bondowoso memakan waktu sekitar 3 jam dari kota Bondowoso untuk mencapai puncak sebelum matahari terbit. Bagi kalian yang ingin melakukan trip menuju kawasan gunung Ijen Bondowoso ada baiknya simak catatan tim kabarbantuan.com berikut ini :

Kawasan Gunung Ijen Bondowoso

Trip Menuju Kawasan Gunung Ijen Bondowoso | Bersama Tim Jelajah Kabar Bantuan.com
Kawasan Gunung Ijen Bondowoso

1. Rute Yang Ditempuh

Tim kabar bantuan mulai dari bandara Ir. Juanda Sidoarjo Jawa Timur langsung naik tol menuju kota probolinggo dengan mengambil jalur pintu keluar di exit tol Probolinggo Barat. Setelah itu melewati daerah Kraksan, Paiton, Besuki, Arak – arak dan sampai di kota Bondowoso. Dari Bondowoso melewati kecamatan Tenggarang, Wonosari, Tapen, Sumber Wringi dan sampai di Ijen.

Informasi dari warga, jika melewati kota Situbondo maka akan melewati kecamatan Prajekan, Klabang, Tapen, Sumber wringin dan Ijen. Sepanjang perjalanan akan didapati pemandangan indah alam Bondowoso berupa hutan pinus, kebun kopi, serta bisa mampir di pemandian air panas dan air belerang di sekitaran ijen.

2. Harga Tiket, Jam Kunjungan Serta Lokasi

Harga Tiket : Warga Lokal Hanya sekitar Rp. 5.000,- sampai dengan Rp. 7.000,- jika hari libur, dan bagi turis asing Rp. 100 ribu sampai dengan Rp. 150 ribu di hari libur.

Jam Kunjungan : Setiap hari pukul 00.30 – 13.00 wib

Lokasi : Kecamatan Ijen kabupaten Bondowoso Jawa Timur

3. Waktu Pendakian

Gunung Ijen di kawasan kabupaten Bondowoso ini memiliki keistimewaan pada bulan – bulan tertentu. Dimana dibulan Desember sampai Januari, kita dapat melihat pemandangan yang menakjubkan yakni Blue Fire dari gunung Ijen. Menurut warga lokal, di bulan – bulan itu kabut yang menyelimuti sekitaran kawah gunung Ijen menipis. 

Trip Menuju Kawasan Gunung Ijen Bondowoso
Blue Fire Kawah Ijen Bondowoso

Sehingga pada saat mendaki dikisaran pukul 02.15 sampai dengan 03.00 wib para pengunjung dapat dengan mudah melihat pesona Blue Fire Ijen. Jadi jika ingin melihat Blue Fire Ijen disarankan untuk mendaki sekitar jam 01.00 waktu setempat.

Sedangkan jika ingin menyaksikan Sun Rise di kawasan gunung Ijen, tim kabar bantuan mendapati mulai terbitnya matahari pukul 05.21 wib. Disarankan menggunakan jaket atau mantel khusus karena cuaca di kawah ijen sangat dingin.

Bagaimana ? tertarik untuk mengisi liburan dengan berkunjung ke kawah gunung Ijen di kabupaten Bondowoso? Jangan lupa persiapkan bekal yang cukup agar kondisi kita tetap prima serta tepat patuhi protokol kesehatan agar tetap sehat guys... Selamat berwisata akhir pekan...  


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar