--> Skip to main content

Menko PMK Muhajir Mengingatkan "Awas Bansos BLT Jangan Disalahgunakan"

Info Bansos - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy memastikan bahwa pemerintah akan mempercepat penyaluran dua bantuan sosial atau bansos kepada masyarakat. Targetnya, bansos tersebut akan bisa cair menjelang libur Lebaran 2022 atau Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah atau pada bulan April ini.

Percepatan penyaluran bansos tersebut, kata Muhadjir, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebelumnya. Adapun dua bansos yang akan segera diberikan adalah Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng. Pembayaran dua bansos itu langsung dirapel sekaligus 3 bulan dari April-Juni yang dibayarkan pada bulan April.

"Jadi untuk 3 bulan ke depan diberikan untuk bulan April sekaligus. Sehingga mereka yang mengalami kejutan inflasi tidak mengalami kontraksi yang berlebihan," kata Muhadjir melalui keterangan resmi, Ahad, 17 April 2022. "Karena itu, ini segera kita bantu terutama untuk menyambut Idul Fitri."

Menko PMK Muhajir Mengingatkan "Awas Bansos BLT Jangan Disalahgunakan"

Menko PMK Muhajir Mengingatkan "Awas Bansos BLT Jangan Disalahgunakan"
Menko PMK Muhajir Efendi saat melakukan rapat koordinasi

Muhadjir meminta agar percepatan penyaluran bansos tidak disalahgunakan oleh oknum tertentu yang mengambil keuntungan sepihak. Misalnya mengklaim bahwa dia yang mengusahakan turunnya bansos, kemudian minta bagian dari yang diterima warga

Nantinya masyarakat yang berhak menjadi penerima bansos itu akan memperolah BPNT dengan total nilai Rp 600.000 atau Rp 200.000 per bulan. Sedangkan BLT Minyak senilai Rp 300.000 atau Rp 100.000 per bulan. Penyaluran dua bansos itu akan dilakukan oleh PT Pos Indonesia.

Muhadjir mengingatkan agar percepatan penyaluran bansos ini tidak disalahgunakan oleh oknum tertentu yang mengambil keuntungan sepihak. "Karena ini adalah untuk mereka yang tidak mampu," ucapnya. "Jangan mencoba untuk mengambil hak mereka yang tidak mampu. Karena itu sangat tidak dibenarkan oleh ajaran agama maupun peraturan undang-undang."

Lebih jauh, ia berharap penyaluran bansos ke masyarakat dapat berjalan lancar dan bisa rampung sebelum masa libur Lebaran. "Kalau ini bisa dilakukan, maka apa yang menjadi target dari pemerintah akan terpenuhi," tuturnya.

Hal ini didasarkan kepada banyaknya laporan masyarakat kepada pemerintah terkait dengan penyaluran bansos periode januari – maret sebelumnya. Keluhan – keluhan masyarakat yang disampaikan melalui media sosial maupun jalur pelaporan yang telah disediakan oleh pemerintah.

Keluhan – keluhan tersebut banyak memberitakan bahwa didugamasih banyak pihak – pihak yang selama ini berkaitan dengan penditribusiaan sembako ataupun BLT dimana meminta sebagian bantuan tersebut dengan alasan bahwa pihaknya telah mengusahakan bantuan tersebut turun kepada penerima bansos tersebut.

Senada dengan hal tersebut, masih banyak didapati beberapa pihak / oknum yang memaksakan untuk membelanjakan bantuan sembako tidak sesuai dengan kebutuhan penerima sembako serta memaksakan untuk membeli bahan sembako tersebut di titik – titik tertentu yang sifatnya memaksa.

Pemerintah hingga hari ini belum menerbitkan ketentuan terkait BLT Minyak Goreng yang harus dibelanjakan di warung – warung tertentu atau mewajibkan penerima BLT minyak goreng harus membelikan langsung uang tersebut.

Namun yang perlu dipahami masyarakat bahwa BLT Minyak Goreng ini adalah kompensasi yang di berikan pemerintah untuk menekan lonjakan inflasi yang dirasakan masyarakat miskin dan tidak wajib dibelanjakan Minyak Goreng di agen atau warung tertentu.

Presiden Jokowi sebelumnya saat memberikan sejumlah bansos di Pasar Harjamukti, Kota Cirebon, Jawa Barat, pada pekan lalu, berpesan agar bantuan itu tidak disalahgunakan. Ia meminta agar bantuan itu bisa digunakan sebagai modal kerja atau tambahan modal usaha. *Junaidi

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar