--> Skip to main content

Juknis Bansos Pemprov Jabar Tahun 2020

Juknis Bansos Pemprov Jabar Tahun 2020 - Pemerintah Provinsi Jawa Barat pada tahun 2020 menganggarkan bantuan sosial yang dapat digunakan oleh masyarakat di wilayah Jawa Barat untuk kegiatan kemasyarakatan. Adapun anggaran untuk dana yang sifatnya sosial dapat digunakan untuk berbagai macam kegiatan yang ada di masyarakat.

petunjuk teknis pemerintah provinsi jawa barat tahn 2020
Gedung Sate Pemprov Jawa Barat - kabarbantuan.com

Seringkali masyarakat dibingungkan dengan cara pengajuan bantuan sosial yang telah dianggarkan oleh pemerintah provinsi. Kebingungan dalam mengajukan bantuan merupakan hal yang umum dikarenakan kurangnya media Informasi yang diakses oleh masyarakat.

Disamping kurangnya media informasi, tidak adanya juknis (petunjuk teknis) yang jelas tentang bagaimana cara mengajukan bantuan sosial kepada pemerintah provinsi setempat.

Peruntukan Bansos

Adapun peruntukan penggunaan bantuan sosial kepada masyarakat  yang disediakan oleh pemerintah provinsi melalui biro-biro serta dinas terkait diantaranya :

1. Pertanian

Bantuan dibidang pertanian meliputi banyak hal. Bantuan sosial dibidang pertanian ini meliputi bantuan pratanam, tanam, hingga pasca panen. Adapun pengajuan bantuan yang dapat di ajukan kepada pemerintah provinsi diantaranya : bantuan alat – alat pertanian pra tanam seperti mesin tanam, alat spray pertanian baik manual maupun spray elektrik, bantuan mesin pengolah tanah seperti mesin bajak sawah, serta bantuan mesin panen.

2. Peternakan

Bantuan bidang peternakan dalam rangka membantu peternak untuk meningkatkan hasil produktifitas ataupun meningkatkan jumlah peternak baru sangat dimungkinkan untuk diajukan dalam pengusulan bantuan sosial.

Adapun jenis bantuan yang dapat diusulkan diantaranya adalah : bantuan indukan sapi, bebek, ayam, dan hewan ternak lainnya yang mudah untuk dikembangbiakan. Selain pengusulan bibit ternak, dapat juga diajukan alat-alat pendukung guna meningkatkan hasil produksi peternakan seperti mesin pemanas, mesin penetas telor, mesin sterilisasi susu perah, dan mesin-mesin lain yang memiliki dampak signifikan dalam bidang peternakan yang digeluti.

3. Pembangunan

Adapun petunjuk dalam pelaksanaan teknis bantuan sosial di bidang pembangunan sebih memberatkan kepada kegiatan yang sifatnya mendesak seperti pembangunan plengsengan untuk daerah yang rawan longsor ataupun jalan desa yang terlalu sempit sehingga sulit dilalui kendaraan umum.

Bisa juga diajukan untuk kegiatan peningkatan saluran irigasi desa dimana ketika tersentuh oleh bantuan sosial tersebut, memiliki dampak luas bagi masyarakat di wilayah tersebut. Selain hal tersebut, dapat diajukan pula untuk pembangunan jalur air bersih, jembatan penghubung antar dusun, serta peningkatan kualitas jalan lingkungan di desa ataupun di wilayah perkotaan.

4. Ekonomi Kreatif

Bantuan sosial dibidang ekonomi kreatif lebih diberatkan kepada kelompok masyarakat yang memiliki usaha yang telah berjalan dan terorganisir dengan baik. Anda dapat mengajuan tambahan pemodalan yang berberkesinambungan.

5. Rumah Ibadah

Bagi pengurus rumah ibadah baik Gereja, Vihara, Pura, dan Masjid dapat mengajukan bantuan terkait renovasi, pembangunan ruang baru, maupun rehabilitasi total tempat ibadah yang dimaksud.

6. Sarana Dan Prasarana Umum

Masyarakat luas dapat mengajukan bantuan lewat lembaga masing-masing dengan tujuan masyarakat luas seperti pembangunan sekolah tk, smp, sma, smk dan sekolah yang sederajad. Pembangunan sarana Septictank dan wc Umum, ruang pelayanan publik milik lembaga yang diperuntukkan untuk ruang baca, ruang pelayanan kesehatan untuk ibu dan anak dan lain-lain.

Serta beberapa bidang lainnya yang masuk dalam perencanaan strategis pemerintah provinsi setempat utamanya di pemerintah provinsi Jawa Barat.

Adapun untuk pengajuan bantuan sosial diutamakan bagi lembaga yang memiliki keabsahan jelas yang diterbitkan oleh pemerintah daerah setempat serta memiliki struktur kepengurusan yang jelas dan aktif.


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar