--> Skip to main content

Kartu Sembako Murah Senilai Rp. 1,8 Juta Akan Didistribusikan!!!

Kartu Sembako Murah Senilai Rp. 1,8 Juta Akan Didistribusikan!!! – Program pemerintah untuk menangani masalah kemiskinan akibat tingginya beban pengeluaran bagi masyarakat khususnya kaum ibu salah satunya adalah dengan menghadirkan Kartu Sembako Murah.


Kartu Sembako Murah Senilai Rp. 1,8 Juta Akan Didistribusikan!!!
Kartu Sembako Murah Akan Didistribusikan!!! - kabarbantuan.com

Kartu Sembako Murah ini, diharapkan dapat membantu ibu-ibu sebagai kepala rumah tangga dalam hal meringankan beban pengeluaran setiap bulan melalui pemenuhan sebagian kebutuhan pangan. Selain hal tersebut terdapat tujuan untuk memberikan gizi yang lebih seimbang, meningkatkan ketepatan harga, kualitas, serta memberikan pilihan dan kendali kepada pemilik kartu dalam hal memenuhi kebutuhan pangan.

Hadirnya kartu sembako murah diawal tahun 2020 seakan-akan menjadi angin segar bagi masyarakat yang saat ini menghadapi kenyataan bahwa beberapa kebijakan pemerintah saat ini memilih untuk menaikkan sejumlah harga/pengeluaran masyarakat.

Sistem Penyaluran Kartu

Penyaluran bantuan sembako murah melalui sistem kartu ini didasarkan kepada Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 63 tahun 2017 tentang Penyaluran Bansos secara Non Tunai. Serta diharapkan dapat membantu peningkatan status keuangan inklusif sesuai Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 82 tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif.

Keuntungan meningkatkan keuangan Inklusif ini adalah masyarakat luas dapat memiliki akses serta meningkatkan kualitas terhadap berbagai layanan keuangan formal yang berkualitas tepat waktu, lancar, aman dengan biaya yang terjangkau (efisien) sesuai dengan kebutuhan serta kemampuan masing-masing.


Besaran Bantuan

Pemerintah akan menyalurkan kartu sembako murah ini melalui Kementerian Sosial. Dengan target penerima kartu sebanyak 15,6 juta keluarga dengan estimasi bantuan sekitar 1,8 Juta perkartu. Adapun pemberian subsidi/bantuan sembako murah ini akan diberikan bertahap sebanyak 12 kali dalam satu tahun.

Pemilik kartu sembako murah ini nantinya dapat menggunakan kartu ini di E-warong (Elektronik Warung Gotong Royong) dan agen bank Himbara yang telah ditunjuk. Selain itu, pengembangan yang sedang dilakukan oleh pemerintah bekerjasama dengan pemgembang aplikasi pembayaran dalam negeri saat ini tengah membuat sistem penyaluran tanpa kartu.

Artinya, kartu sembako murah tetap didistribusikan serta dipegang oleh pemilik kartu yang namanya tercantum di kartu, namun pembelian sembako murah dapat tetap dilakukan juga tanpa harus membawa kartu yang dimiliki.

Untuk tahun 2020, pendistribusian kartu dan nominal bantuan sembako murah ini rencananya akan dilaksanakan mulai bulan Januari. Masyarakat yang akan menerima bantuan kartu sembako murah ini diminta untuk memenuhi syarat-syarat dalam pengambilan kartu sembako murah. 


Sasaran Penerima Kartu

Pendistribusian kartu sembako murah yang memiliki target membantu sekitar 15,6 juta keluarga atau hampir 40 % lapisan masyarakat ekonomi rendah ini diperkirakan menurut menteri keuangan menelan anggaran sekitar Rp. 25,7 triliun yang nantinya di bebankan kepada APBN melalui kementerian sosial.


Pada tahun sebelumnya, pemerintah telah memberikan bantuan kepada masyarakat melalui program bantuan pangan non tunai / beras sejahtera. Sedangkan tahun ini, pemerintah memberikan penyesuaian/nama lain program sebelumnya dengan nama kartu sembako murah. 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar