--> Skip to main content

Bantuan PKH Tidak Cair, Apa Sebabnya ?

Blora - "Ibu Pendamping, Bantuan PKH saya tidak cair, kenapa ya bu?" tanya seorang peserta PKH kepada petugas PKH yang berada disebelahnya.

Bantuan PKH Tidak Cair, Apa Sebabnya ? Program Keluarga Harapan Kementerian Sosial
Pertemuan Kelompok Syarat Bantuan PKH Cair - kabarbantuan.com

Mayoritas pertanyaan tersebut sering ditanyakan oleh para penerima manfaat program PKH kepada yang bukan petugas program yang bersangkutan.

Kesalahan umum ini terjadi akibat ketidaktahuan masyarakat akan tujuan menyampaikan permasalahan yang mereka alami. Yang terjadi adalah mereka tidak mendapat jawaban pasti dan malah berfikiran negatif.

Menurut salah seorang pendamping sosial Nuryasid Eko Dinawan menjelaskan bahwa satu hal yang pasti bantuan tidak tersalurkan karena Keluarga Penerima Manfaat PKH sudah tidak lagi menjadi peserta.

Jika status kepesertaan yang bersangkutan masih aktif, ada beberapa penyebab bantuan mereka dipending oleh kementerian sosial. Sehingga bantuan PKH tahap tersebut tidak cair.

Adapun beberapa hal yang menyebabkan bantuan PKH tidak cair menurut Nur walau kepesertaannya aktif diantaranya :


1. Komponen peserta tidak memenuhi komitmen sebagai bentuk kewajiban peserta penerima bantuan,


2. Pengurus dalam kepesertaan PKH tidak memenuhi kewajibannya untuk hadir dalam kegiatan pertemuan kelompok setiap bulan,


3. Keluarga penerima manfaat tidak memenuhi persyaratan dalam hal administrasi yang diminta oleh kementerian melalui pendamping diwilayahnya masing-masing,


Lebih detilnya menurut Nur bahwa setiap peserta wajib menyekolahkan anak-anaknya yang berusia 7 - 21 tahun. Sedangkan ibu hamil dan balita 0 - 6 tahun wajib mengikuti kegiatan posyandu setiap bulannya.

Baca Juga : Saldo Rekening Bansos April 2021 Anda Masih Nol, Coba Lakukan Ini

Khususnya bagi peserta kategori lansia dan disabilitas berat, Nuryasid berharap  agar pihak pelaksana bidang kesehatan untuk terjun membantu memeriksakan kesehatan setiap bulan untuk dua kategori tersebut karena memang menjadi kewajiban peserta.

Nur berharap masyarakat khususnya keluarga penerima manfaat ini sadar akan kewajibannya sebagai peserta, dan tidak hanya menuntut bantuan PKHnya saja.

Pemerintah berharap lewat program ini, dapat segera mengentaskan kemiskinan dengan merangsang masyarakat miskin agar sadar untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan pendidikannya.


#bantuanpkhtahun2020
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar