--> Skip to main content

Cek Penerima Bansos 2021 Di New DTKS, Awas Nama Serupa Tapi Beda

Cek Penerima Bansos 2021 Di New DTKS - Angin segar bagi masyarakat yang ingin mengetahui dirinya masih tercatat atau tidak dalam daftar penerima bansos Kementerian Sosial. Selama ini penerima bansos dibingungkan dengan cara bagaimana untuk melakukan cek data penerima bansos.

Sebelumnya penerima bansos ataupun masyarakat dapat mengetahui cek kepesertaan bansos di alamat www.dtks.kemensos.go.id yang beberapa waktu lalu telah di nonaktifkan oleh Kemensos dengan beberapa alasan serta pertimbangan-pertimbangan lain.

Salah satu tujuan dari dinonaktifkannya website dtks lama adalah adanya perbaikan data penerima bansos sehingga diharapkan dengan perbaikan data ini dapat meningkatkan angka ketepatan sasaran penerima bansos 2021.

Keluhan masyarakat akan sistem lama harapannya dapat diatasi dengan sistem baru yang sudah dirancang serta dibuat sedemikian rupa oleh kemensos sehingga mempermudah masyarakat dalam menelusuri data mereka yang masih menerima bansos baik BST, BPNT dan PKH.

New DTKS Awas Nama Serupa Tapi Beda

Sistem cek bantuan terbaru bernama New DTKS yang telah diluncurkan Kemensos merupakan salah satu cara yang diberikan oleh Kementerian Sosial untuk mempermudah masyarakat mengakses informasi penerima bansos tahun 2021 serta agar lebih transparan dalam mengedukasi masyarakat.

Cara Cek Penerima Bansos Tahun 2021

Adapun cara cek data anda masuk atau tidak sebagai penerima bansos tahun 2021 sebagai berikut :

  • Buka situs http://cekbansos.kemensos.go.id
  • Pilih provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa sesuai dengan domisili anda
  • Ketikkan nama anda sesuai dengan ID di KTP yang anda miliki
  • Ketik kode sesuai dengan huruf atau angka yang muncul di gambar sebelah kiri isian kode
  • Jika sudah terisi, klik tombol CARI
  • Tunggu beberapa saat, maka akan muncul data penerima bansos yang anda cari
Cek Penerima Bansos 2021 Di New DTKS, Awas Nama Serupa Tapi Beda - kabarbantuan.com

Pada tampilan Hasil Pencarian Data akan tersaji data propinsi, kabupaten, kecamatan, serta kelurahan. Data tersebut juga akan menampilkan periode bansos yakni meliputi bulan dan tahun bansos terkini. Setelah itu juga akan di tampilkan nama penerima, umur, jenis bansos (BPNT, BST, PKH) beserta status dan keterangan masing - masing bansos.

New DTKS Penerima Bansos 2021 Nama Serupa Tapi Beda

Membaca hasil pencarian data haruslah benar - benar jeli. Hal yang umum terjadi dan membuat perselisihan dimasyarakat adalah ketika masyarakat mengira data yang muncul adalah data dirinya atau data yang ia cari dikarenakan hanya tercantum nama saja tanpa nomor NIK.

Bisa saja ketika kita mengetikkan sebuah nama, hasil pencarian data memunculkan hanya satu nama atau bahkan lebih dari 10 nama yang mengandung kata yang sama. Namun hal ini bisa diatasi dengan cara melakukan cek umur di kolom sebelah nama untuk memastikan benar atau tidak data kita atau data yang kita cari tersebut.

Cek Umur Penerima Bansos 2021 Di New DTKS, Awas Nama Serupa Tapi Beda
Cek umur data penerima bansos 2021

Melakukan cek umur merupakan salah satu tips untuk meminimalisir atau menghidari salah baca hasil cek data penerima bansos tahun 2021 di new DTKS kemensos. Sehingga anda akan terhindar juga atas potensi kesalahfahaman dalam memperdebatkan status kepesertaan anda maupun kepesertaan orang yang anda carikan datanya. Semoga bermanfaat...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar