--> Skip to main content

Penyaluran Bansos Bulan Juli Tahun 2021, Berikut Daftarnya...

Bansos, kabarbantuan.com – Penyaluran bansos reguler oleh Kementerian Sosial RI di bulan juli tahun 2021 akan terus berlanjut. Hal ini mengikuti rencana penyaluran bansos yang sudah ditetapkan oleh Kementerian Sosial dalam rangka membantu masyarakat miskin yang benar – benar membutuhkan.

Penyaluran bansos pada bulan juli tahun 2021 ini masih menggunakan sistem seperti sebelumnya. Penyaluran bantuan nantinya akan disalurkan melalui rekening bansos yang telah ditetapkan oleh Kementerian Sosial yang bekerjasama dengan Himbara.

Rekening bansos yang diberikan kepada penerima bantuan akan disertai dengan kartu ATM yang sekaligus disebut juga Kartu Keluarga Sejahtera (KKS). Nantinya para penerima bansos yang sudah diberi kartu dapat mengambil bantuan melalui mesin ATM, E-warong, dan agen – agen bank yang telah ditunjuk untuk melayani para penerima bansos.


Penyaluran bansos menggunakan ATM Himbara diharapkan oleh pemerintah agar dilakukan oleh penerima bansos yang namanya tertera di kartu ATM tersebut. Larangan untuk menitipkan, meminjamkan, serta menggadaikan kartu tersebut sudah di sosialisasikan oleh petugas pendamping bansos.

Artinya, para penerima bantuan sosial tersebut wajib memegang sendiri kartu tersebut demi keamanan serta mencegah terjadinya penyimpangan penyaluran bansos baik sebelumnya ataupun nanti di bulan juli 2021 dan seterusnya.

Bansos Bulan Juli Tahun 2021

Berikut bansos yang akan disalurkan dibulan juli 2021 :

1. Bantuan Sosial Pangan (BSP)

Bantuan sosial pangan atau yang dahulu disebut BPNT (bantuan pangan non tunai) memiliki nominal besaran bantuan sejumlah Rp. 200.000, ( dua ratus ribu rupiah ). Besaran bantuan ini hanya boleh untuk dibelanjakan untuk beberapa jenis item yang sudah ditentukan oleh Kementerian Sosial.

Anda dapat menggesek kartu ATM Himbara dan melakukan cek saldo di E-warong atau agen yang telah ditunjuk oleh bank penerbit kartu. Lakukan cek saldo dan print struk untuk membuktikan ada tidaknya kuota bantuan yang ada dikartu anda.


Jika sudah ada saldo bantuan BSP untuk bulan juli tahun 2021, maka anda dapat melakukan pengambilan bantuan dengan berbelanja di E-warong atau agen bank tersebut sesuai ketentuan yang berlaku di masing – masing wilayah.

Pastikan anda menerima bantuan bahan kebutuhan pokok yang terdiri dari unsur karbohidrat, protein (hewani maupun nabati), vitamin, dan mineral. Sangat dilarang untuk membelanjakan kuota bantuan tersebut diluar ketentuan tersebut.

2. Program Keluarga Harapan ( PKH )

Penyaluran bantuan sosial bersyarat yakni PKH di bulan Juli tahun 2021 merupakan penyaluran bantuan tahap ke III di tahun 2021. Penyaluran bantuan ini nantinya masih menggunakan sistem seperti sebelumnya yakni metode transfer rekening. 


Nantinya bantuan sosial PKH akan ditransfer oleh Kementerian Sosial melalui rekening yang sudah ditentukan dengan disertai ATM Himbara. Selain penyaluran bantuan uang bagi keluarga miskin dan keluarga rentan miskin, dijadwalkan juga dilakukan pembukaan rekening kolektif bagi calon penerima bansos PKH yang telah dilakukan validasi di awal tahun 2021 yang lalu.

Tujuan awal PKH sendiri adalah untuk membantu masyarakat miskin yang memiliki komponen harapan bangsa berupa generasi penerus seperti ibu hamil dan anak balita agar tidak terlahir cacat atau tumbuh namun mengalami masalah (stunting), anak usia sekolah agar tidak terputus sekolahnya dan bisa mengenyam pendidikan hingga tuntas, serta komponen lainnya berupa disabilitas berat serta lansia yang dianggap menjadi beban bagi keluarga miskin.

Demikian informasi penyaluran bansos di bulan juli tahun 2021, gunakan bantuan sosial tersebut dengan bijak dan jika anda telah mampu untuk memiliki penghasilan yang mencukupi agar segera mengajukan graduasi mandiri agar bantuan sosial tersebut dapat digunakan oleh keluarga yang benar-benar miskin dan dan membutuhkan.

3. Bantuan Sosial Tunai (BST)

Bantuan senilai Rp 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) yang ditujukan kepada keluarga rentan miskin yang sudah masuk dalam data DTKS dan memenuhi syarat menerima bansos. Bantuan ini diharapkan dapat membantu masyarakat menghadapi kondisi pandemi yang mengakibatkan turunnya tingkat pendapatan serta lesunya kondisi perekonomian negara.

BST sendiri yang disalurkan pada bulan juli nantinya merupakan bantuan yang anggaranya untuk bulan mei dan juni tahun 2021. Atau diistilahkan bantuan BST tahap 5 dan 6. Masyarakat akan mendapatkan kartu informasi berupa lembaran seperti biasanya yang isinya memuat syarat pengambilan, besaran bantuan, tempat dan waktu pengambilan serta ketentuan lainnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar