--> Skip to main content

Syarat Dan Mekanisme Penyaluran BLT Minyak Goreng Tahun 2022

Pemerintah melalui Presiden secara langsung mengumumkan akan memberikan BLT ( bantuan langsung tunai ) minyak goreng kepada masyarakat pada bulan April 2022. Sebagaimana diketahui bahwa harga minyak goreng saat ini mengalami kenaikan yang cukup tinggi.

Harga kenaikan minyak goreng tersebut telah berlangsung beberapa bulan dan menyebabkan masyarakat dihampir semua golongan harus merogoh kocek lebih untuk membeli minyak goreng tersebut. 

BLT Minyak goreng sendiri dimaksudkan untuk memberikan kompensasi kepada masyarakat miskin yang terdampak kenaikan harga minyak goreng serta para pedagang / penjual makanan umkm yang banyak menggunakan minyak goreng untuk berjualan.

Syarat Dan Mekanisme Penyaluran BLT Minyak Goreng Tahun 2022

Syarat Dan Mekanisme Penyaluran BLT Minyak Goreng Tahun 2022
Ilustrasi : Bantuan Langsung Tunai (BLT) Minyak Goreng

Syarat Menerima BLT Minyak Goreng

Adapun syarat menerima BLT ( bantuan langsung tunai ) minyak goreng tahun 2022 adalah sebagai berikut :

- Masuk dalam DTKS ( Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ) Kementerian Sosial RI,

- Masih termasuk dalam daftar  penerima Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) / Program Sembako,

- Masih termasuk dalam daftar penerima Program Keluarga Harapan (PKH),

- Tercatat dalam daftar pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan makanan gorengan,

 Adapun target penerima BLT ( bantuan langsung tunai ) minyak goreng adalah 23 juta orang. Rinciannya, 20,5 juta keluarga yang termasuk dalam daftar Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) dan Program Keluarga Harapan (PKH), serta 2,5 juta PKL yang berjualan makanan gorengan.

 Sebelumnya, Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, penyaluran BLT minyak goreng kepada masyarakat dilakukan seiring tingginya harga bahan pangan tersebut.

“Kita tahu harga minyak goreng naik cukup tinggi sebagai dampak dari lonjakan harga minyak sawit di pasar internasional. Untuk meringankan beban masyarakat, pemerintah akan memberikan BLT minyak goreng,” ujar Presiden Jokowi seperti dikutip dari situs Sekretariat Kabinet. 

Lebih lanjut, dalam siaran persnya Presiden Jokowi mengungkapkan bahwa bansos BLT minyak goreng akan diberikan sebesar Rp100 ribu setiap bulannya. Bansos BLT minyak goreng diberikan untuk tiga bulan sekaligus, yaitu April, Mei, dan Juni serta dibayarkan di muka pada bulan April 2022 sebesar Rp300 ribu. “Saya minta Kementerian Keuangan, Kementerian Sosial, dan TNI, serta Polri berkoordinasi, agar pelaksanaan penyaluran bantuan ini berjalan dengan baik dan lancar,” tandasnya.


Mekanisme Penyaluran BLT Minyak Goreng 

Adapun mekanisme penyaluran BLT minyak goreng nantinya dimungkinkan  akan dilaksanakan sesuai dengan mekanisme pada masing – masing program yang hingga saat ini masih dalam pembahasan tim penyaluran BLT minyak goreng melalui raker antar kementerian dan lembaga.

Di mana diketahui dalam penyaluran masing – masing program seperti penerima program sembako yang saat ini penyalurannya adalah melalui sistem tunai bekerja sama denga PT Pos Persero Indonesia.

Sedangkan bagi penerima bantuan Program Keluarga Harapan, mekanisme bantuannya adalah melalui sistem tranfer melalui rekening HIMBARA masing – masing. Sedangkan khusus data penerima BLT pada mekanisme sebelumnya adalah melalui sistem tunai menggandeng PT Pos Persero Indonesia.


Cara Cek Penerima Bantuan Dalam Data DTKS Online

Cara cek penerima bansos 2022 di laman DTKS online laman Cekbansos.kemensos.go.id 

Cara yang pertama cek penerima bansos 2022 adalah mengunjungi laman cekbansos.kemensos.go.id. Berikut cara cek penerima bansos 2022 di laman Cekbansos.kemensos.go.id: 

- Buka Laman cekbansos.kemensos.go.id di alat pencarian, 

- Isikan data yang diminta, mulai wilayah hingga nama Anda sesuai ID masing - masing,

- Masukkan kode yang terdiri dari 8 digit huruf, sertakan juga spasi sebagaimana yang muncul dalam gambar Klik "Cari Data" Jika nama Anda muncul, maka Anda sudah tercantum dalam DTKS. Namun, untuk memastikan apakah Anda termasuk penerima BPNT dan PKH 2022, pastikan dalam kolom status BPNT dan PKH tertulis "Ya", 

- Buka halaman selanjutnya untuk cara cek penerima bansos lainnya.


Cara Cek Penerima BPNT Dan PKH 2022 di Aplikasi Cek Bansos 

Cara cek BPNT dan PKH 2022 selanjutnya  melalui aplikasi Cek Bansos yang dapat diunduh di PlayStore atau AppleStore. Cara cek penerima BPNT dan PKH 2022 di aplikasi Cek Bansos sebagai berikut: 

- Pastikan aplikasi sudah terunduh dan terpasang di ponsel Anda,

- Pastikan anda telah mendaftar dan dapat masuk ke menu dalam aplikasi cek bansos,

- Pilih menu "Cek Bansos" Masukkan data diri seperti wilayah dan nama sesuai KTP 

- Klik "Cari Data",

- Periksa data yang akan muncul untuk mengetahui apakah Anda termasuk salah satu penerima BPNT dan PKH tahun 2022

Demikianlah informasi syarat dan mekanisme penyaluran BLT Minyak Goreng, pastikan BLT yang anda terima dapat bermanfaat bagi usaha anda. *Kukuh Adi

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar