--> Skip to main content

Bantuan Sosial PKH Menyasar Lansia 70 Tahun

Bantuan Sosial PKH Menyasar Lansia 70 Tahun - Bantuan tunai bersyarat yang diluncurkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia sejak tahun 2007 saat ini mengalami perubahan pesat. Bantuan sosial PKH pada tahun 2020 direncanakan akan menyasar Lansia yang berusia 70 tahun.

Perubahan indeks penerima bantuan ini menurut salah seorang pendamping sosial PKH di kabupaten Tegal menjelaskan bahwa, sebelumnya indeks penerima bantuan sosial PKH untuk komponen kesejateraan sosial Lansia menyasar lansia usia 60 tahun keatas. Setelah dilakukan evaluasi oleh Kementerian Sosial didapati bahwa lanjut usia diusia 60 tahun masih banyak didapati mereka yang aktif bekerja dan belum menjadi beban di keluarganya sebagimana tujuan pemerintah membantu lansia adalah untuk mengurani beban keluarga.

Pada tahun 2019, Indeks besaran bantuan kepada lansia adalah sebesar 2.400.000,- per tahunnya. Bantuan sosial PKH ini diberikan mejadi 4 tahap dalam satu tahun, sehingga penerimanya akan memperoleh sejumlah 600.000,- setiap tahap.

Bantuan Sosial PKH Menyasar Lansia 70 Tahun

Menurut sumber yang sama, pada tahun 2020 nantinya, bantuan sosial PKH untuk penerima Lansia akan ditingkatnya jumlahnya. Adapun jumlah bantuan tersebut nantinya akan di fokuskan pada pemenuhan gizi lansia, serta dimungkinkan untuk perawatan bagi lansia yang sakit ataupun sedang menjalani perawatan.

Penerima PKH ditahun 2019 ditargetkan oleh pemerintah melalui Kementerian Sosial sejumlah 10 juta penerima. Diharapkan, dengan adanya bantuan Program Keluarga Harapan ini, nantinya angka kemiskinan di Indonesia akan terus mengalami penurunan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar