--> Skip to main content

Butuh Modal Buat Usaha, Berikut Beberapa Bantuan Untuk UMKM Tahun 2021

 Modal usaha untuk mengembangkan usaha sangat penting dalam membantu usaha berkembang. Modal usaha dalam sebuah usaha menjadi faktor penting ketika usaha mulai berkembang.

Pentingnya Modal

Modal sangat berpengaruh terhadap omzet usaha yang nantinya akan berpengaruh terhadap besarnya pendapatan yang diperoleh dalam usaha tersebut.

Mayoritas pengusaha umkm mengambil laba keuntungan di kisaran 2-5% dari setiap omzet yang didapat. Perhitungan omset dikalkulaskan dalam satu periode yakni hitungan bulan.


Butuh Modal Buat Usaha, Berikut Beberapa Bantuan Untuk UMKM Tahun 2021
Pelaku usaha sektor mikro umkm -kabarbantuan.com


Beberapa usaha umkm sekala mikro yang memiliki modal usaha biasanya mengambil laba keuntungan dikisaran 10-20 %. Hal ini dilakukan karena mengingat biaya operasional yang begitu tinggi.

Bantuan UMKM

Pemerintah ditahun 2021 memprioritaskan UMKM untuk mendapatkan bantuan modal usaha karena sektor UMKM sekala mikro nyatanya sangat memberikan efek luar biasa bagi perekonomian negara.

Ini dibuktikan dengan catatan Badan Pusat Statistik yang mencatat bahwa sektor umkm menyerap hampir 97 % tenaga kerja dalam satu angkatan kerja.

Serta telah memberikan kontribusi sebesar kurang lebih Rp. 8.500 trilyun bagi PDB di tahun 2018. Sehingga berdasarkan acuan ini, pemerintah akan serius menangani sektor umkm.

Berikut beberapa bantuan pemerintah bagi sektor umkm melalui kementerian.

Kementerian Tenaga Kerja

Di tahun 2021 Kementerian Tenaga Kerja akan memberikan bantuan kepada masyarakat melalui Balai latihan kerja yang saat ini sudah menyasar ditingkat kecamatan.

Bantuan pelatihan ini disalurkan melalui pondok pondok pesantren yang ada disekitar tempat tinggal masyarakat dan berwujud Balai Latihan Kerja Komunitas.

Nantinya peserta pelatihan akan diberi bantuan modal usaha berupa pelatihan peningkatan skill, bantuan modal berupa alat, dan bantuan berupa uang tunai saat mengikuti pelatihan.

Kementerian Kelautan Dan Perikanan

Melalui kementerian ini nantinya para nelayan akan diberikan bantuan berupa alat-alat yang dibutuhkan untuk mencari ikan.

Direncanakan akan ada beberapa titik pengembangan penelitian terkait kelautan serta bantuan kapal untuk nelayan.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Menteri yang baru setelah melakukan kunjungan ke beberapa daerah serta menyerap aspirasi dari pelaku umkm disektor pariwisata akan mempersiapkan bantuan bagi pelaku umkm sektor pariwisata.

Selain itu akan difasilitasi pinjaman kredit usaha melalui perbankan dengan bunga yang ringan serta dengan masa pinjam yang lebih panjang.

Menteri Sandi tengah berkomunikasi dengan menteri keuangan untuk mewujudkan rencana ini.

Kemenkumham

Melalui Ditjen AHU kemenkumham nantinya pelaku usaha di sektor umkm akan dibantu dalam hal keepngurusan izin Pendirian badan usaha atau perseorangan terbatas untuk usaha sektor mikro dan kecil.

Pendirian perseroan terbatas nantinya cukup 1 orang saja sebagai pendiri. Sehingga tidak diperlukan sistem administrasi yang selama ini dianggap sulit serta berbiaya mahal.

Cukup menggunakan surat pernyataan pendirian perseroan terbatas, seseorang dapat memiliki PT tanpa harus mendaftar kepada notaris.

Nantinya notaris hanya dibutuhkan ketika usaha yang dijalankan mulai berkembang dan besar.

Pemerintah Provinsi

Pemerintah Provinsi disetiap daerah akan tetap menganggarkan dana hibah kepada masyarakat yang nantinya bisa diajukan melalui Biro-biro yang ditunjuk oleh pemerintah provinsi masing-masing untuk menerima usulan masyarakat.

Usulan masyarakat ini nantinya akan dievaluasi dan dicek keberadaannya oleh setiap biro dalam hal peemodalan.

Masyarakat dapat mengirimkan usulan-usulan kepada pemerintah provinsi setempat untuk mendapatkan bantuan dari gubernur. Nantinya usulan tersebut ditujukan kepada gubeenur masing-masing dengan melampirkan kelengkapan administrasi.

Pemerintah Provinsi nantinya akan melakukan seleksi kelayakan usaha yang akan diberi permodalan. Matoritas pemerintah provinsi masyarakat minimal usulan bantuan senilai minimal 25 juta perusulan kegiatan.

Jadi, bagi anda yang butuh modal usaha, silahkan mengajukan permodalan umkm yang dimiliki tentu sesuai prosedur yang telah ditetapkan di tahun 2021.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar