--> Skip to main content

Tanya Kenapa Bansos PKH Tahap 1 Belum Cair Hingga Akhir Februari 2022

Tanya Kenapa Bansos PKH Tahap 1 Belum Cair Hingga Akhir Februari 2022 – Banyak pertanyaan yang disampaikan oleh penerima manfaat PKH kenapa bansos PKH miliknya belum cair hingga saat ini. Bahkan banyak yang bertanya kepada pihak desa maupun kelurahan namun tidak mendapatkan jawaban.

Terlebih lagi bertanya kepada sesama penerima bansos PKH tentang bantuan sosial PKHnya tahap 1 tahun 2022 belum kunjung cair. Padahal yang ditanya juga sama nasibnya tidak cair juga bantuannya.

Lebih lucu lagi di media sosial, yang mengaku tidak menerima bansos apapun malah memberikan wejangan kalau bansosnya diambil oleh pendamping. Namun jika anda benar – benar menemukan oknum pendamping yang dengan jelas dan nyata membawa, mempergunakan KKS milik KPM tanpa sepengetahuan pemiliknya. Maka anda dapat melaporkan melalui dinas sosial masing – masing.

Kenapa Bansos PKH Tahap 1 Belum Cair Hingga Akhir Februari 2022

Tanya Kenapa Bansos PKH Tahap 1 Belum Cair Hingga Akhir Februari 2022
Ilustrasi Tanya Kenapa Bansos PKH Tahap 1 Belum Cair


Sebab Bansos PKH Tahap 1 Belum Cair

Bagi para penerima bansos PKH, biasakanlah membaca informasi yang update tentang kebijakan PKH dan bansos lainnya melalui situs kabarbantuan.com, di mana disini akan dijelaskan secara optimal kaitannya dengan kebijakan bansos PKH meliputi bansos PKH tahap 1 yang belum cair hingga akhir februari tahun 2022.

Anda dapat menjadikan rujukan serta merekomendasikan kepada sesama penerima bansos PKH yang bantuan PKHnya tahap 1 belum kunjung cair juga. Dengan memahami informasi yang ter update maka anda dapat melakukan langkah – langkah untuk mengatasi bansos PKH yang belum cair.

Beberapa penyebab dan solusi agar anda bisa mengatasi kenapa bansos pkh belum juga cair :

1. Bansos PKH Dicairkan Secara Bertahap 

Tidak perlu risau ataupun galau ketika teman – teman anda sesama penerima bansos PKH telah melakukan pencairan bansos terlebih dahulu. Jumlah penerima bansos PKH adalah sejumlah 10 juta (Sepuluh Juta) Keluarga Penerima Manfaat yang tersebar dari aceh sampai papua.

Jadi bersabar saja menunggu giliran bansos PKH anda akan dicairkan di tahap 1 tahun 2022 asalkan seluruh persyaratan dan adminitrasi telah online, padan, dan lengkap. 

2. Gagal Dalam Proses Pemadanan

Saat ini rujukan penyaluran bansos PKH tidak lagi mengacu pada aplikasi PKH sendiri yang dahulu dapat diakses langsung oleh Pendamping sosial PKH. Namun merujuk kepada aplikasi sistem DTKS yang mana dikelola Kementerian Sosial dengan input data melalui operator di masing – masing desa atau kelurahan.

Ketika data anda ataupun anggota rumah tangga (ART) yakni anak balita, sekolah, ataupun lansia gagal dalam proses pemadanan dengan dukcapil (dinas kependudukan dan catatan sipil) serta data dapodik ( data pokok pendidikan ) untuk anak sekolah, maka bantuan anda akan di tahan (tidak disalurkan) atau disalurkan tahap / termin paling akhir. Sehingga dipatikan hingga saat ini bansos pkh anda tahap 1 belum cair.

3. Data Kepesertaan Bansos Di Nonaktifkan

Pada akhir 2021, Pejuang Muda telah melaksanakan proses survey kelayakan penerima bansos baik PKH maupun Sembako. Data hasil survey yang memuat foto rumah, penghasilan, pekerjaan dan lain – lain dijadikan acuan data oleh Kemensos untuk dikembalikan ke pemda masing – masing agar diseleksi ulang yang layak dan tidak diteruskan bansosnya.

Apabila anda merasa sudah tidak layak pada saat dilakukan survey oleh Pejuang Muda maka dipastikan ketika data survey tersebut ditindaklanjuti oleh pemda masing – masing maka bansos PKH anda tidak akan cair. Jadi jangan berkesimpulan bansos PKH tahap 1 tahun 2022 belum cair, namun tidak akan cair lagi.

Anda dapat cek status bansos anda di cara Cek Penerima Bansos Di New DTKS(klik tulisan biru)

Demikian informasi Tanya Kenapa Bansos PKH Tahap 1 Belum Cair Hingga Akhir Februari 2022 ini. Bisa anda jadikan rujukan dan konsul tasi sesama penerima manfaat PKH anda tergolong kategori yang mana diantara 3 (tiga) kategori tersebut. *Tyas


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar