--> Skip to main content

BLT Minyak Goreng Dan Program Sembako Cair Bersamaan, Warga Terima Uang Rp 500 Ribu

Bantuan langsung tunai (BLT) minyak goreng yang merupakan bentuk kompensasi atas naiknya harga minyak goreng beberapa waktu lalu sudah mulai disalurkan ke warga. Proses pencairan BLT minyak goreng diberikan bersama Bantuan Pangan Non-Tunai (BPNT) alias Program Sembako Sejumlah Rp 500 ribu setiap warga penerima.

 Adapun uang yang di terima warga sejumlah Rp 500 ribu tersebut pada saat penyaluran bantuan merupakan gabungan antara BLT minyak goreng dan Program Sembako. Sedangkan rincian kedua bantuan tersebut berupa BLT minyak goreng senilai Rp 300 ribu untuk periode April, Mei, dan Juni 2022 serta Program Sembako Rp 200 ribu periode Mei 2022.

Untuk penyaluran bansos Program Sembako periode April sendiri (tahap 4), disalurkan oleh Kementerian Sosial melalui bank Himbara dengan mekanisme transfer langsung ke rekening KKS masing – masing penerima manfaat Program Sembako.

BLT Minyak Goreng Dan Program Sembako Cair Bersamaan, Warga Terima Uang Rp 500 Ribu


BLT Minyak Goreng Dan Program Sembako Cair Bersamaan, Warga Terima Uang Rp 500 Ribu
BLT Minyak Goreng Dan Program Sembako Cair Bersamaan

Untuk pencairan kedua bantuan sosial (bansos) dirasakan Tukinem warga asal Cilacap, sangat bermanfaat dikala kondisi yang sangat sulit mengingat kemarin dan hingga saat ini harga minyak goreng belum kembali seperti sedia kala. Sehingga membuat kondisi keuangannya menjadi berat.

Senada dengan Usrek warga lainnya, berharap pemerintah segera menstabilkan harga – harga seperti sebelumnya, karena dirasa sangat menyusahkan masyarakat yang tinggal didesa – desa. Mengingat pendapatan masyarakat didesa hanya berkisar antara 40 – 60 ribu perhari, dan menghidupi rata – rata 2 sampai 3 anak dalam satu keluarga.

"Menunggu kabar minggu ini, nanti diminta untuk menerima dua bantuan sekaligus, BLT minyak goreng dan sembako, sehingga saya  akan mendapat Rp 500 ribu bulan ini," ujarnya.

Informasi yang sama juga disampaikan Sekertaris Jendral Kementerian Sosial (Kemensos) Harry Hikmat, nantinya setiap keluarga penerima manfaat (KPM) akan mendapatkan bantuan sebesar Rp 500 ribu.

Baca Juga : 

- Bansos Sembako Tunai Tahun 2022 Bisa Di Belanjakan Dimana Saja



Sasaran BLT Minyak Goreng Dan Program Sembako

Sesuai dengan edaran Kementerian Sosial, dana BLT Minyak Goreng dan Program Sembako nantinya akan diberikan kepada 20,5 juta KPM. Terdiri dari 18,8 juta warga penerima Program Sembako atau BPNT dan 10,85 juta warga penerima PKH.

Kedua kriteria tersebut yang masuk dalam kategori keluarga miskin juga dimasukkan menjadi penerima BLT minyak goreng, serta diperkirakan sekitar 10 persen penjual gorengan yang terdampak atas kenaikan harga minyak goreng sebelumnya.


Cara Cek Penerima BLT Minyak Goreng dan Program Sembako

Cara mengetahui apakah Anda termasuk satu di antara penerima BLT Minyak Goreng dan Program Sembako, caranya sangat mudah. Masyarakat dapat mengecek bantuan tersebut melalui situs cekbansos.kemensos.go.id.

Berikut cara cek apakah warga termasuk dalam penerima BPNT dan PKH serta BLT minyak goreng :

- Buka laman cekbansos.kemensos.go.id atau klik link ini;

- Kemudian, masukkan Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, dan Desa/Kelurahan;

- Lalu, masukkan nama lengkap sesuai KTP;

- Masukkan dua kata yang tertera dalam kotak kode;

- Jika tidak jelas huruf kode, klik icon refresh untuk mendapatkan kode baru;

- Lalu klik tombol cari data.

Catatan :

- Sistem pada laman cek bansos new DTKS tersebut akan memindai Nama Penerima Manfaat (PM) dan Wilayah yang diinput dan membandingkan dengan nama yang ada dalam database pusdatin Kementrian Sosial.

- Yang perlu diperhatikan, data yang tersedia dalam situs tersebut adalah data penyaluran bantuan per Januari-Maret 2022. Sehingga perlu dikonfirmasi ulang untuk penerima per bulan ini.

- Yang harus diketahui lainnya, tidak harus kepala keluarga yang mengecek apakah namanya terdaftar sebagai penerima bantuan.

- Bisa dilakukan istri/suami, anak, hingga tetangga sepanjang tahu nama lengkap orang yang terdaftar sebagai keluarga penerima manfaat.

Baca Juga :

Mensos Risma Bakal Coret Peserta PKH Karena Ini

Kriteria dan Cara Pengambilan Program Sembako


Cara Mencairkan BLT Minyak Goreng dan Program Sembako

Adapun penyaluran BLT minyak goreng Rp 300 ribu dan Program Sembako Rp 200 ribu dilakukan oleh Pos Indonesia. Untuk mencairkan BLT Minyak Goreng dan Program Sembako, penerima bantuan akan mendapatkan lembaran PEMBERITAHUAN, yang berlogo PT Pos Indonesia serta Kemensos.

Pencairan dilakukan di tempat yang telah ditunjuk, misal di kantor kelurahan/desa masing-masing atau kantor pos. Lembaran pemberitahuan tersebut  akan didistribusikan oleh pihak desa melalui ketua RT/RW masing-masing dan memuat informasi penerima.

- Mulai dari nama penerima bantuan BLT Minyak Goreng dan Program Sembako, NIK, nomor BNT, barcode, serta jumlah bantuan yang akan diterima.

- Termasuk persyaratan apa saja yang harus dibawa saat pengambilan BLT Minyak Goreng dan Program Sembako serta penggunaan bantuan.

Penerima BLT Minyak Goreng dan Program Sembako wajib membawa KTP-el dan Kartu Keluarga (KK) yang asli serta lembaran pemberitahuan yang dibagikan. Penerima juga wajib memperhatian ketentuan pencegahan Covid-19 dengan menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Penggunaan dana bantuan Program Sembako untuk kebutuhan pangan/sembako dan tidak diperkenankan membeli rokok, minuman keras, dan narkotika. Sementara itu, dalam sebagai pengantar lembar pemberitahuan, akan dilengkapi surat undangan yang diberikan pihak desa yang memuat syarat pengambilan BLT Minyak Goreng dan Program Sembako, yaitu :

- Membawa KTP dan KK asli serta fotocopy yang masih berlaku,

- Membawa surat undangan dari desa  dan lembaran pemberitahuan dari PT Pos,

- Pengambilan BLT Minyak Goreng dan Program Sembako harus sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,

- Bila diwakilkan, yang mewakili harus dalam satu KK yang sama dengan penerima,

- Wajib menggunakan masker,

- Syarat pengambilan BLT minyak goreng dan Program Sembako harus sudah mendapatkan vaksin booster  ( hanya berlaku dibeberapa wilayah ),

 

Alur Pengambilan Di Lokasi BLT Minyak Goreng dan Program Sembako


BLT Minyak Goreng Dan Program Sembako Cair Bersamaan, Warga Terima Uang Rp 500 Ribu
Sesi Foto Penerima BLT Minyak Goreng dan Program Sembako 

- Setiba di kantor pos atau kantor desa, penerima wajib menunggu giliran untuk mencairkan BLT Minyak Goreng dan Program Sembako,

- Setelah gilirannya wajib menunjukkan KTP atau KK serta menyerahkan surat undangan dan lembar pemberitahuan PT Pos,

- Petugas akan men-scan barcode pada lembar pemberitahuan,

- Masyarakat akan langsung diberikan uang tunai bantuan BLT Minyak Goreng dan Program Sembako dengan total Rp 500 ribu,

- Petugas akan mengambil foto satu per satu penerima bantuan, lengkap dengan Lembar Pemberitahuan, KK, KTP, serta uang, sebagai bukti bahwa yang bersangkutan sudah mencairkan bantuan tersebut.

 Tidak ada potongan apapun saat mencairkan dana BLT Minyak Goreng dan Program Sembako. Bila ada pemotongan dana bantuan oleh petugas kantor pos, masyarakat diminta untuk melapor. Adapun jalur untuk pelaporan dapat menghubungi nomor WA 0812-2333-0332 (PT Pos Indonesia) atau 0811-10-222-10 (Kemensos RI) dengan melampirkan bukti terkait.

 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar