--> Skip to main content

Penyaluran Bansos Tahun 2022 Tertunda, Inilah Sebabnya

Penyaluran Bansos Tahun 2022 Tertunda , Inilah Sebabnya – Penyaluran bansos oleh Kementerian Sosial pada tahun 2022 ini hingga menjelang akhir bulan Januari belum terealisasi dan dipastikan akan tertuda. Ketepatan sasaran dalam jadwal penyaluran yang pada tahun 2021 target Mensos di awal bulan tercapai, namun tidak di awal tahun 2022.

Bansos ditahun 2021 sendiri dalam penyalurannya masih menyisakan sejumlah masalah hingga awal tahun 2022. Berdasarkan pemaparan Menteri Sosial dalam rapat dengan komisi 8 DPR RI pada tanggal 19 Januari 2022 di gedung Senayan.

Terdapat sejumlah permasalahan yang belum terselesaikan dan menyisakan anggaran sejumlah 2,78 triliun lebih yang belum terserap di Kementerian Sosial. Sedangkan pos anggaran terbesar mencapai 2,1 triliun yang belum terserap oleh masyarakat melalui Ditjen Penanganan Fakir Miskin sebagai direktorat yang menangani penyaluran bansos BSP / BPNT.

Penyaluran Bansos Tahun 2022 Tertunda

Penyaluran Bansos Tahun 2022 Tertunda, Inilah Sebabnya
Rapat Kerja Komisi 8 Dan Kementerian Sosial RI

Pemasalahan Penyaluran Bansos 2021

Pada rapat bersama dengan komisi 8 DPR RI, Mensos Risma menyampaikan adanya permasalahan penyaluran bansos tahun 2021 yang menjadi sebab tertundanya penyaluran bansos tahun 2022 tersebut dikarenakan beberapa faktor diantaranya :

- Administrasi Bank: gagal burekol antara lain karena : adanya special character, padan dengan
dukcapil dan DTKS namun tidak padan dengan Bank (karena penerapan KYC), kartu rusak hilang,
lupa PIN,
- Data penduduk yang terus bergerak : meninggal, pindah rumah, menjadi pekerja migran di luar
negeri,
- Perubahan status sosial ekonomi penduduk : mampu dan menolak mendapatkan Bansos,
- Menjadi penerima BLT Dana Desa
 
Sedangkan faktor lain menurut Risma yang juga menjadi kendala atau tantangan selama masa penyaluran bansos di tahun 2021 diantaranya :
 
- Terdapat daerah yang secara geografis sulit dijangkau,
- Aksesibilitas yang sulit termasuk intensitas kejadian bencana di beberapa wilayah yang cenderung meningkat,
- Beberapa lokasi KPM tidak ada Bank Penyalur sehingga harus disalurkan melalui PT Pos,
- Masih terdapat KKS yang belum terdistribusi  dan KPM belum transaksi karena KPM meninggal tanpa ahli waris, KPM pindah domisili, KPM tidak ditemukan, KPM sudah mampu menolak.

Baca Juga : Laporkan... Penerima Bansos Yang Telah Mampu 


Perubahan SOTK Kemensos Tahun 2022

Selain beberapa permasalahan yang terjadi akibat dari penyaluran bantuan sosial di tahun 2021 yang hingga saat ini masih menyisakan permasalahan dalam kelembagaan Kementerian Sosial. Perubahan Sususan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) dilingkungan Kementerian sosial 2022 turut menyebabkan lambatnya penyaluran di tahun 2022.
 
Perubahan ini sangat berpengaruh kepada pelaksanaan penyaluran bansos tahun 2022 dikarenakan perubahan SOTK ini menyebabkan penanggung jawab kegiatan penyaluran bansos mengalami perubahan yang cukup besar.

Bansos BSP /BPNT yang kita ketahui semula berada dalam tanggung jawab dari Direktorat Fakir Miskin, saat ini mengalami perubahan drastis dimana Direktorat Fakir Miskin sendiri telah dihapus karena kinerja yang tidak menunjukkan hasil maksimal seperti yang disampaikan Mensos Risma dalam rapat bersama komisi 8.
 
Komisi 8 sendiri meminta diadakan Forum Diskusi lanjutan untuk membahas permasalahan SOTK Kementerian Sosial ini tersendiri. Sehingga dengan belum disetujuinya SOTK Kementerian Sosial yang baru di tahun 2022 ini dapat dipastikan jadwal penyaluran Bansos Tahun 2022 yang seharusnya di bulan Januari akan tertunda. *irma

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar